Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Agus Pramusinto menyatakan ada pelanggaran netralitas yang dilakukan ASN eselon I Kementerian Pertanian ketika mengenakan seragam loreng Komando Strategis NasDem.

“Pelanggaran netralitas,” kata Agus kepada CNNIndonesia.com, Selasa (16/11).

Agus menegaskan bahwa ASN seharusnya bersikap netral dalam aktivitas politik seperti diatur dalam undang-undang. Ia juga menyinggung bahwa ASN tak diperbolehkan mengenakan atribut partai politik tertentu.

“Secara norma ASN tidak boleh menggunakan atribut parpol,” kata Agus.

Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN mengatur bahwa penyelenggaraan kebijakan dan manajemen ASN salah satunya harus berdasarkan pada asas netralitas.

Asas netralitas mengharuskan setiap ASN tidak berpihak dari segala bentuk pengaruh manapun dan tidak memihak kepada kepentingan siapapun.

Pasal 9 UU ASN itu juga mengatur bahwa pegawai ASN harus bebas dari pengaruh dan intervensi semua golongan dan partai politik.

Sebelumnya beredar foto ASN Kementerian Pertanian berbaju loreng biru yang identik dengan seragam Komando Strategis atau Kostranas Partai NasDem.

Mereka adalah Sekretaris Jenderal Kementan Kasdi Subagyono, Direktur Jenderal Tanaman Pangan Suwandi, Direktur Jenderal Hortikultura Prihasto Setyanto, dan beberapa ASN lainnya.

Mereka juga tampak berfoto dengan Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh, di Hari Ulang Tahun (HUT) ke-10 NasDem beberapa waktu lalu. Diketahui, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo merupakan kader NasDem.

Sementara itu, Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mengingatkan kode etik yang dimiliki ASN. Dia meminta ASN untuk selalu mematuhi itu dan menghindari aktivitas politik.

“Kami cuma ingatkan saja bahwa ASN itu punya kode etik soal ASN, sehingga harus menjaga integritas sebagai ASN sebaik-baiknya. Itu saja,” kata Dasco kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Selasa (16/11).

(rzr/bmw)

By Mandra