Warna kuning pada kuku bisa disebabkan karena berbagai hal, termasuk kondisi kesehatan tubuh. Berikut empat penyebab warna kuku kuning.

Sebagian orang mungkin merasa risih saat kuku yang harusnya terlihat cerah alami malah tampak kuning pucat dan tidak terawat. Berbagai cara akhirnya dilakukan, misalnya rutin memotong dan membersihkan kuku dari kotoran.

Salah satu penyebab warna kuku menjadi kuning bisa karena penggunaan kutek atau cat kuku. Namun, sebagaimana dilansir WebMD, kuku kuning juga bisa terjadi karena infeksi jamur.

Saat infeksi semakin memburuk, kuku tidak hanya berwarna kuning tapi bagian dasar kuku juga bisa rusak dan mudah copot.

Meski jarang terjadi, penyebab kuku warna kuning lainnya adalah kondisi kesehatan serius seperti penyakit tiroid, paru-paru hingga diabetes dan psoriasis.

Berikut empat beberapa penyebab warna kuku menjadi kuning.

1. Masalah paru-paru

Perubahan warna kuku menjadi kuning kerap dikaitkan dengan masalah kesehatan di organ tubuh lainnya, termasuk paru-paru.

Menurut National Organization For Rare Disorder, kuku kuning kerap dikaitkan dengan akumulasi cairan di selaput yang mengelilingi paru-paru dan menyebabkan efusi pleura atau cairan yang melapisi rongga dada.

Kondisi ini biasanya diiringi dengan sesak napas, nyeri dada, dan batuk. Masalah pernapasan lainnya seperti infeksi kronis, infeksi paru-paru (pneumonia berulang) juga bisa menjadi penyebab kuku berwarna kuning.

2. Faktor genetik

Sejumlah sumber dalam literatur medis mengatakan penyebab kuku berwarna kuning bisa karena faktor genetik. Hal ini terjadi karena ada kelainan genetik primer dalam diri seseorang.

Beberapa kasus kuku kuning ditemukan dalam keluarga yang menunjukkan bahwa faktor genetik mungkin berperan dalam perkembangan gangguan tersebut. Beberapa peneliti berspekulasi sindrom kuku kuning diwariskan dalam pola dominan autosomal tapi bukti untuk ini masih langka.

3. Kekurangan vitamin dan mineral

Kuku kuning juga bisa menjadi tanda Anda kekurangan vitamin dan mineral. Menurut Healthline, jika kuku terus menguning meski telah dibersihkan bisa jadi tubuh Anda sedang memberi tanda kebutuhan asupan vitamin. Memasukan suplemen multivitamin dapat menghentikan hal tersebut.

4. Diabetes hingga kanker kulit

Penyebab kuku warna kuning bisa menjadi tanda bahwa tubuh Anda tengah mengalami penyakit tertentu. Misalnya tiroid, psoriasis atau bahkan diabetes. Sebuah laporan bahkan menyebut penyebab warna kuku menjadi kuning juga bisa menjadi petunjuk adanya kanker kulit.

(tst/agn)

By Mandra