Resmikan Bangunan Baru Pasar Tondano Bupati ROR Ingatkan tentang Kesempatan yang Sama

Bupati RIR dan Pdt Sonny Repi

TONDANO, OKE – Bupati Minahasa Ir. Royke Oktavian Roring, M.Si(ROR) menghadiri sekaligus meresmikan bangunan pasar rakyat Tondano, Sabtu (19/1).

Turut hadir  Asisten Perekonomian dan Pembangunan Dr. S. W. Siagain,MA. Kadis Perdagangan Maudy Lontaan,,S.Sos. Kabag Perekonomian dan SDA Mecky Sondey, SE, Kabag Humas dan Protokol Drs. Moudy L.Pangerapan, MAP, Danramil Tondano Pelda Jhonny Wura, Mewakili Kapolsek Aiptu Alfrets Kapele, Tokoh Masyarakat Dirk Mangala, Camat Tondano Barat Maya Kainde, SH, Kepala Pasar Tondano Jeffry Angkouw, Pdt. Sonny Repi, SE, MTh, petugas pasar, pedagang  dan undangan.

“Mari kita bersyukur sebab sinergitas antara pemerintah pusat Jokowi – JK lewat Kementerian Perdagangan serta OD-SK sampai ke Kabupaten kita ini dan boleh mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk membangun pasar ini,” ungkap Bupari ROR saat membawakan sambutan.

Menurut ROR keberhasilan suatu daerah dapat terlihat dengan keberadaan pasar.

Harapannya dengan ketambahan fasilitas para pedagang dapat memanfaatkannya dengan sebaik – baiknya.

“Manfaatkan ini dengan menjaga kebersihan supaya apa yang telah kita buat ini boleh dipergunakan dalam jangka waktu yang lama,” kata ROR.

Kepada Kadis, Kepala Pasar dan para petugas pasar, Bupati mengingatkan untuk benar-benar selektif menentukan pedagang.

“Beri kesempatan kepada masyarakat kita untuk berdagang tentu dengan kriteria dan mekanisme yang sudah di tentukan. Jangan ada KKN sebab saya tidak ingin ada laporan masuk dari sesama pedangang,” tandasnya.

Tak lupa ia meminta masyarakat untur terus mendukung terus dirinya bersama Wakil Bupati Robby Dondokambey untuk melayani masyarakat Minahasa.

Membawakan laporan, Kadis Perdagangan Moudy Lontaan menjelaskan dasar pelaksanaan pembangunan revitalisasi pasar rakyat Tondano ini adalah DAK Bidang pasar kementerian perdagangan Republik Indonesia yang tertuang pada rencana kerja anggaran dan DPA Dinas Perdagangan Tahun 2018.

“Adapun tujuan dan sasarannya yakni, memperlancar arus distribusi barang, meningkatkan daya saing pasar dalam negeri serta mengoptimalkan peran pasar rakyat sebagai pusat kegiatan distribusi penyaluran barang secara langsung atau tidak langsung kepada konsumen melalui proses jual beli bernagai jenis barang konsumsi dengan cara tawar menawar,” papar Lontaan.

Pembangunan dengan biaya kurang lebih 2,6 Miliar ini, imbuhya, dibangun diatas lahan dari bagian tanah pasar Tondano yang adalah milik pemkab Minahasa.

“Pembangunan ini meliputi 1 (satu) unit los ikan segar, satu bangunan los buah, 4 unit kios, satu unit gedung kontruksi dua lantai yanh didalamnya terdapat los barito, cafetaria/foodcourt tujuh unit dan satu toilet,” pungkasnya.

Terry

Comments

comments

Posted by on 19 January, 2019. Filed under Berita Utama,Breaking News,Ekonomi,Minahasa. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *