“Yesus Adalah Model Bagi Pemuda Katolik”  

Uskup Keuskupan Bogor, Mgr Paskalis Bruno Syukur OFM bersama Ketua KOMDA Pemuda Katolik Sulut Lexi Mantiri

BOGOR, OKE –

Uskup Keuskupan Bogor, Mgr Paskalis Bruno Syukur OFM menyebut Yesus sebagai tokoh yang menjadi model bagi Pemuda Katolik (PK) dalam menjalankan peran sebagai warga negara sekaligus sebagai umat Katolik yang taat.

“Dalam kesempatan ini, saya tidak bisa tidak menyebut tokoh yang mejadi model Pemuda Katolik, tokoh itu ialah Yesus Kristus,” ujar Mgr Paskalis dalam sambutannya dalam pembukaan rapat pimpinan nasional (Rapimnas) II PK 2017 di Bogor, Jawa Barat, Jumat, (27/10).

Menurut Mgr Paskalis, lahir dan berkiprahnya PK dalam kehidupan keagamaan Katolik dan kehidupan sosial kemasyarakatan tidak pernah terlepas dari spirit dan nilai-nilai yang diajarkan Yesus.

“PK ada karena dia percaya dan yakin bersama orang ini (Yesus), mereka bisa mengabdi Tuhan dan mengabdi negara,” ujarnya.

Maka, sebagai seorang warga negara yang baik, uskup asal Manggarai, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) ini mencontohkan kisah Yesus dalam kitab suci saat ditanyakan soal membayar pajak dimana saat itu Yesus menjawab, “Berikan kepada kaisar apa yang menjadi milik kaisar dan berikan kepada Allah apa yang menjadi milik Allah”.

“Kutipan perikop ini mengingatkan kita bahwa Yesus melaksanakan tugasnya sebagai warga negara. Dia berbakti kepada Allah dan negara. Pembaktian hidupnya bagi Allah, tidak menjadi penghalang untuk berbakti kepada negara,” contoh alumnus Seminari Pius XII Kisol-Flores ini.

Mantan Provinsial OFM Indonesia ini menegaskan, Rapimnas II PK ini diharapkan sebagai rancangan strategis organisasi sosial yang lahir dari nilai-nilai Katolik dan nilai-nilai kebangsaan sehingga bisa menjadi garam dan terang dalam kehidupan gereja dan negara.

“Pertemuan ini menegaskan tekad anggota PK untuk menata kembali pengabdiannya kepada Allah dan kepada negara.”

“Kesetiaan kepada Allah dalam naungan Gereja Katolik, tidak bertentangan dengan komitmen untuk kencintaan terhadap negara. Kita belajar dari Yesus tokoh model utama kita,” tutup mantan Definitor General OFM  untuk wilayah Asia dan Oseania ini.

Rapimnas yang turut dihadiri Ketua KOMDA PK Sulawesi Utara (Sulut) Lexi Mantiri dibuka Ketua Umum PK Carolin Margareth Natasha, yang juga merupakan bupati Landak, Kalimantan Barat.

Hadir pula pastor moderator PK Romo Johanes Haryanto SJ, Walikota Bogor Bima Arya Sugiarto, Menteri Enegri, Sumber Daya dan Mineral (ESDM) Ignasius Jonan, perwakilan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), pengurus DPC PDIP Kota Bogor serta tokoh masyarakat Kota Bogor.

Paduan suara dan tari-tarian dari siswa dan siswa SMA Budi Mulia Bogor juga turut memeriahkan acara ini.

Sumber: Katoliknews.Com

(YOUNGKY)

Comments

comments

Posted by on 28 October, 2017. Filed under Berita Utama,Breaking News,Manado,Nasional,Religi. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *