Kenalkan! Ini Logo Pilkada Minahasa

Logo Pilkada Minahasa

Minahasa, Oke –
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Minahasa memperkenalkan logo Pilkada 2018.
Ya, Ikan Payangka dipilih menjadi ikon utama logo yang diresmikan Komisioner KPU Sulut Divisi Hukum dan Teknis Ardiles Mewoh, di sela pembukaan Raker Penyusunan Pedoman Teknis Tahap II, Jumat (11/8) di Hotel Swiss Bell Maleosan Manado.
Tampak dalam gambar, Payangka tersebut memegang paku dan kertas suara bertuliskan tanggal 27 Juni 2018 menghadap kotak suara.
Diketahui, ikan yang memiliki nama ilmiah Ophieleotris aporos, Bleeker merupakan salah satu ciri khas Danau Tondano. Tak hanya itu, menjadi kebanggan masarakat sekitar danau. Nilai ekonomisnya telah berkembang. Di mana, sebelumnya hanya dihidangkan di rumahan, kini menjadi hidangan restoran dan rumah makan.

Payangka sejatinya bukan asli dari Danau Tondano. Tahun 1902, ikan ini diintroduksi dari Danau Limboto, Gorontalo. Mampu bertahan lam dan produksi dominan, Payangka akhirnya dianggap asli Tondano.

Menariknya, Payangka mampu bertahan di tengah kompetisi dengan sejumlah spesies ikan lainnya. Kemampuan bertahan Payangka hingga saat ini karena jenis makanannya bervariasi, sangat luas dan relatif tak ada pesaing untuk makanan yang sama. Lebih hebat lagi, kemampuan reproduksinya yang tinggi. Ikan ini mampu memproduksi 30.000 hingga 60.000 tiap individu pada puncaknya Juni, September dan Desember.

Anak Payangka biasa disebut Nike. Atau, anak ikan yang memiliki tubuh seperti induknya. Tetapi, lebih kecil dan organ masih dalam perkembangan sehingga belum berfungsi (individu masih mudah). Penggunaan kata “nike” di tempat lain menunjukan pada kumpulan ikan kecil dari berbagai spesies. (Youngky)

Comments

comments

Posted by on 11 August, 2017. Filed under Berita Utama,Breaking News,Minahasa,Oke Manado,Politik. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *