11 Agustus 2017 Batas JWS Rolling Pejabat

Meidy Y Tinangon

Minahasa, Oke –
Penetepan Calon Bupati dan Wakil Bupati akan dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa 12 Februari 2018.
Hal ini berdasar pada Peraturan KPU nomor 1 Tahun 2017 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Pilkada Tahun 2018.
Pada pasal 71 menyebutkan, kepala daerah dilarang melakukan pergantian pejabat enam bulan sebelum tanggal penetepan.
Artinya, jika ditarik mundur 6 bulan sebelum penetapan pasangan calon jatuh pada tanggal 12 Agustus 2017. Khusus di Minahasa, Ketua KPU Meidy Y Tinangon didampingi Komisioner KPU Divisi Dicky Paseki, SH, MH memberi kesempatan terakhir Bupati Jantje Wowiling Sajow (JWS) dan Wakil Bupati Ivan Sarundajang selama dua hari kedepan. “Termasuk penjabat Bupati tidak bisa melakukan penggantian pejabat. Hanya bisa sampai tanggal 11 Agustus,” tegas Tinangon.

Dijelaskan Tinangon, pihaknya telah menyurat ke bupati dan wakil bupati Minahasa. “Iya kita sudah menyurat. Sebelumnya juga sudah disampaikan secara lisan. Ini wajib sebagai bentuk pelayanan kepada stakeholder,” bebernya.

Dia menegaskan, sanksi untuk pelanggaran ketentuan ini, sebagaimana diatur UU nomor 1 / 2015 dan perubahannya, bagi petahana atau incumbent adalah pembatalan sebagai pasangan calon oleh KPU Kabupaten Minahasa.
“Sanksi yang sama dijatuhkan juga untuk pelanggaran ketentuan larangan menggunakan kewenangan dan program kegiatan untuk menguntungkan atau merugikan pasangan calon sejak 6 bulan sebelum penetapan pasangan calon hingga penetapan calon terpilih,” tegasnya.

Tinangon berharap, ketentuan ini dipatuhi agar supaya pelaksanaan pesta demokrasi bisa berjalan dengan lancar.
“Komitmen kami adalah melaksankan setiap tahapan dengan tertib aturan tetapi juga mengedepankan komunikasi yang berkeadilan sebagai bentuk pelayanan kepada setiap stakeholder, ” tandasnya.(YOUNGKY)

Comments

comments

Posted by on 9 August, 2017. Filed under Berita Utama,Breaking News,Minahasa,Politik. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *