Serangan Bersenjata ISIS di Marawi, Bakamla Zona Maritim Tengah Menambah Penguatan Kapal Dalam Ops Nusantara III B 2017

Kepala Bidang Operasi Bakamla Zona Maritim Tengah Letkol Laut Heriwansyah P. Agam, ST., MSi

MANADO, OKE – Bakamla Zona Maritim Tengah memperkuat penjagaan di perbatasan Indonesia – Philipina
terkait situasi keamanan laut di wilayah perbatasan, dengan adanya serangan bersenjata di Marawi Philipina Selatan oleh kelompok Maute yang berbaiat kepada ISIS.

Kepala Zona Maritim Tengah Brigjen Pol Bastomy Sanap, SH, MBA, M.hum melalui KBO (Kepala Bidang Operasi) Letkol Laut Heriwansyah P. Agam, ST., MSi mengatakan, dengan situasi yang demikian, Bakamla Zona Maritim Tengah memperkuat penjagaan di wilayah perbatasan.

“Bakamla Zona Maritim Tengah menambah kekuatan dengan unsur Ops sebanyak dua kapal lagi dari Kepolisian RI dalam hal ini Polda Sulut,” kata Heriwansyah, Senin (29/05/2017).

Heriwanysah menjelaskan, saat ini Bakamla Zona Maritim Tengah melakskan operasi rutin sepanjang tahun dengan sandi Ops Nusantara III B. “operasi dengan sandi Ops Nusantara III B melibatkan enam kapal (milik BAKAMLA, TNI AL, KKP) diwil perairan Zona Tengah,” jelas Hariwansyah.

KN. Gaja Laut Bakamla RI yang betoperasi di perbatasan RI-Philipina

Lebih lanjut, dengan memanasnya situasi di Phillipina Selatan, Heriwansyah mengatakan, Bakamla Zona Maritim Tengah sudah mengarahkan satu unsur Kapal Bakamla KN GAJAH LAUT 4804 untuk melakukan pengawasan dan patroli diwilayah perairan perbatasan RI-Philipina.

“Untuk menambah kekuatan, Bakamla juga sudah meminta tambahan/bantuan dua kapal lagi dari POLRI (BKO Polda Sulut dan BKO Polda Kaltim) yaitu KP. PUYUH & KP. ROBIN untuk melakskan Operasi di wilayah Perairan Perbatasan dibawah kendali Ops Bakamla RI,” lanjut Letkol Laut Heriwansyah P. Agam, sembari menambahkan, besok pagi kita akan memberangkatkan KP. PUYUH ke perbatasan sekaligus melaksanakan pergeseran pasukan pengamanan dari Brimob yang akan diikutkan pada Kapal KP. PUYUH,” tandas Heriwansyah.
(tsir)

Comments

comments

Posted by on 29 May, 2017. Filed under Berita Utama,Breaking News,Internasional,Manado,Nasional,Nusa Utara,Pertahanan. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *