Persami Saka Wira Kartika Resmi Dibuka, Dandim 1309/Mdo : Pramuka Adalah Wadah Pembentukan Watak, Akhlak dan Budi Pekerti Luhur Bagi Generasi Muda

Kasdim 1309/Mdo Myr Inf I Komang Suarsa saat memimpin upacara pembukaan perkemahan sabtu-minggu pramuka saka wira kartika Kodim 1309/Mdo. /photo_datsir

MANADO, OKE – Dengan mengangkat tema “Kodim 1309/Mdo melalui pembinaan kepramukaan saka wira kartika TA. 2017 dijajaranya ikut serta membina dan membentuk generasi muda bangsa yang berkarakter dan berwawasan kebangsaan serta menumbuhkan rasa cinta tanah air dan mempererat kebinneka tunggal ikaan guna menjaga keutuhan negara kesatuan republik indonesia”. Ratusan anggota Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 1309/Manado mengikuti kegiatan Persami (perkemahan Sabtu-Minggu), di Bumper (Bumi perkemahan) Kodim 1309/Manado Kelurahan Winangun Dua, Kecamatan Malalayang, Kota Manado. Sabtu (20/05/2017).

Kegiatan dua hari ini dibuka oleh Kasdim 1309/Manado Mayor Inf I Komang Suarsa didamping pengurus Kwarcab Manado, para Perwira, Pembina Pramuka jajaran Kodim 1309/Manado.

Foto bersama Dandim 1309/Mdo Letkol Arm Toar Pioh dengan para peserta perkemahan.

Dalam amanat Dandim 1309/Mdo Letkol Arm Toar Pioh S.Ip M.Si (Han) mengtakan, Kepramukaan adalah proses pendidikan diluar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan  menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan prinsip dasar kepramukaan dan metode kepramukaan.

“Dengan metode kepramukaan ini, tujuannya untuk membentuk watak, akhlak dan budi pekerti luhur kepada generasi penerus bangsa,” kata Dandim dalam alamatnya yang dibacakan Kasdim 1309/Mdo Myr Inf I Komang Suarsa.

Lanjut Myr Inf I Komang Sursa, perkemahan saka wira kartika merupakan salah satu satuan karya yang bersifat nasional, saka yang di bentuk lewat kerja sama antara kwartir nasional gerakan pramuka dengan TNI AD ini bertujuan untuk mengembangkan pendidikan bela negara.

“Saka wira kartika adalah wadah kegiatan bagi pramuka penegak dan pramuka pandega untuk meningkatkan kesadaran bela negara melalui pengetahuan dan ketrampilan dibidang matra darat, membentuk patriot bangsa yang setia, berbakti dan menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa serta tetap menjaga keutuhan NKRI,” lanjutnya

Dandim 1309/Mdo Letkol Arm Toar Pioh saat melakukan pengecekan terhadap adik-adik pramuka saka wira kartika.

Dandim 1309/Mdo Letkol Arm Toar Pioh yang juga selaku Kamabi Saka Wira Kartika Kodim 1309/Mdo mengatakan, persami ini diharapkan para adik-adik pramuka saka wira kartika dapat memelihara nilai-nilai kepramukaan.

“Dirapkan nilai-nilai kepramukaan tetap terjaga yang selama ini sudah ada, agar terciptanya patriot muda bangsa,” kata Dandim 1309/Mdo Letkol Arm Toar Pioh saat berkunjung ke bumi perkemahan sembari mengatakan, “Saya (Dandim-red) dari kecil taunya pramuka. Dari SD saya mengenal disiplin hanya lewat pramuka, karena nilai kedisiplinan yang diterapkan kepramukaan masi tetap terjaga sampai sekarang dan hal ini sangat bagus manfaatnya buat generasi muda,” terang Dandim 1309/Mdo Letkol Arm Toar Pioh S.Ip M.Si (Han).
(Datsir)

Comments

comments

Posted by on 20 May, 2017. Filed under Berita Utama,Breaking News,Manado,Nasional,Pendidikan,Pertahanan. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *