Kejar Validitas, Dinas Dukcapil Data Penduduk Hingga ke Pelosok

Jabes Linda/Foto: okemanado/Wp

MELONGUANE, OKE – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kepulauan Talaud menseriusi persoalan validitas data penduduk.

Demi memperoleh data akurat, instansi pimpinan Jabes Linda, MAP ini ambil gebrakan dengan turun langsung bahkan masuk hingga ke pelosok.

Dari hasil pemutakhiran data di Kecamatan Tampan’amma, Kalongan, Essang dan Kecamatan Moronge, pihak Disdukcapil menemukan fakta penyebab perbedaan antara data di dinas dengan yang dimiliki setiap desa.

“Penyebabnya antara lain, ada warga yang sudah meninggal dan sudah dihapus datanya di Desa, namun lantaran belum atau tidak dilaporkan ke Dinas, namanya masih terdata di Dinas,” ujar Jabes.

Pemicu lainnya, ada warga yang pindah domisli namun tidak disertai dengan laporan ke Dinas sehingga terjadi data kependudukan ganda.

Sebaliknya juga, ditemukan data warga di Desa yang namanya justru belum terdaftar di Dinas.

Untuk itu, kata Jabes, tim dari Dinas yang turun ke lapangan telah membawa serta formulir yang dibutuhkan untuk diisi oleh warga di setiap desa.

WP

Comments

comments

Posted by on 1 April, 2017. Filed under Berita Utama,Breaking News,Nusa Utara. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *