Rayakan Kenaikan Isa Almasih Tiga Paroki Ziarah ke Seminari Tinggi HKY Pineleng | OkeManado.Com

Rayakan Kenaikan Isa Almasih Tiga Paroki Ziarah ke Seminari Tinggi HKY Pineleng

Menyambut Kenaikan Isa Almasih, umat Katolik di tiga paroki lakukan ziarah ke Seminari Tinggi Hati Kudus Yesus Pineleng.(foto:okemanado/rep4)

Menyambut Kenaikan Isa Almasih, umat Katolik di tiga paroki lakukan ziarah ke Seminari Tinggi Hati Kudus Yesus Pineleng.(foto:okemanado/rep4)

MINAHASA, OKE–Menyambut Hari Raya Kenaikan Isa Almasih, umat Katolik Paroki Ratu Rosari Suci Katedral, Paroki Yesus Gembala Baik-Rike dan Paroki Santo Mikael Perkamil, mengadakan ziarah ke Seminari Tinggi Hati Kudus Yesus Pineleng, Kecamatan Pineleng-Kabupaten Minahasa, pada Kamis (09/04) hari ini, dari pagi hingga sore hari.

Ziarah dimulai pada pukul 05.00 WITA dengan lokasi berkumpul di kawasan perumahan elit, Citra Land, Kelurahan Winangun, dan kemudian berarak menempuh perjalanan sepanjang 5 km, menuju lokasi yang dituju, Seminari Hati Kudus Yesus-Pineleng.

“Kami berkumpul pada pukul 05.oo WITA di Citra Land, lalu berarak menuju seminari,” kata Linda salah seorang umat.

Pantauan media ini, ratusan umat terlihat antusias. Meski diterpa udara dingin pagi yang menusuk, tak sedikit pun rasa enggan melanjutkan perjalanan di wajah mereka. Pasalnya, sepanjang perjalanan, umat diarahkan untuk memanjatkan doa rosario kepada Bunda Maria.

“Bulan ini adalah bulan Maria, yang biasanya umat Katolik berdoa rosario. Karena ziarah ini dilaksanakan pada bulan Maria, maka sudah sepatutnya umat Katolik mendoakan doa rosario,” ujar Michael.

Setibanya di seminari, umat diarahkan untuk berdoa di lokasi Goa Maria, tepat di belakang seminari. Setelah berdoa, umat beristirahat sejenak, sebelum dilanjutkan dengan perayaan Ekaristi.

Perayaan Ekaristi dalam rangka kenaikan Isa Almasih di Seminari Tinggi Hati Kudus Yesus Pineleng.(foto:okemanado/rep4)

Perayaan Ekaristi dalam rangka kenaikan Isa Almasih di Seminari Tinggi Hati Kudus Yesus Pineleng.(foto:okemanado/rep4)

“Perayaan Ekaristi menjadi puncak ibadah umat Katolik, di mana dalam perayaan ini, umat diberikan santapan rohani, tubuh dan darah Kristus yang telah menebus dosa manusia,” kata Frater Sadam Tharob.

Adapun perayaan Ekaristi ini, dilakukan di dua tempat. Umat Paroki Santo Mikael Perkamil, mengikuti misa di Goa Maria, sedangkan umat Paroki Yesus Gembala Baik-Rike dan Paroki Ratu Rosario Suci-Katedral Manado, mengikuti misa di Kapel seminari. Meski umat kelihatan lelah, namun mereka tetap mengikuti perayaan Ekaristi dengan khusyuk.

Usai misa, kegiatan dilanjutkan dengan makan bersama, di mana makanan telah disediakan oleh Komunitas Kateketik Seminari Pineleng.

“Agar umat tidak repot membawa makanan, maka Komunitas Kateketik STF-SP bersama dengan para frater dan karyawan dapur telah menyediakan makanan. Ini juga permintaan dari umat sendiri,” kata Fr Dawis Masriat.

Pelaksanaan katekese bagi umat yang berziarah.(foto:okemanado/rep4)

Pelaksanaan katekese bagi umat yang berziarah.(foto:okemanado/rep4)

Usai makan siang, umat dibekali dengan pendalaman iman lewat katekese yang disiapkan para frater.

“Umat meminta kesediaan dari kami untuk memberikan pendalaman iman lewat katekese. Ini juga sebagai salah satu bentuk upaya peneguhan iman lewat ajaran-ajaran gereja kepada umat agar iman kepada Kristus semakin hari semakin berkembang,” ungkap Fr Ignasius Fernatyanan.

Sementara itu, sejumlah aparat keamanan pun turut berjaga, mengupayakan ketertiban lalu lintas agar kegiatan ini dapat berjalan dengan baik. Ziarah ini berakhir pada pukul 15.00 WITA, disertai penyerahan sumbangan dari umat kepada seminari.(rep4)

Posted by on 09/05/2013. Filed under Berita Terbaru,Berita Utama,Minahasa,Oke Manado. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


− 4 = 4

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>