BNN Provinsi Sulut Sambangi STIE Eben Haezar Manado | OkeManado.Com

BNN Provinsi Sulut Sambangi STIE Eben Haezar Manado

Kabid PM BNN Provinsi Sulut Bersama Staf Menjelaskan Hasil Test Urine Didepan Ketua STIE Eben Haezar Serta Para Dosen. (foto:OKEMANADO.COM/Demsi)

Kabid PM BNN Provinsi Sulut Bersama Staf Menjelaskan Hasil Test Urine Didepan Ketua STIE Eben Haezar Serta Para Dosen. (foto:OKEMANADO.COM/Demsi)

MANADO, OKE – Giliran Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Eben Haezar Manado, menjadi sasaran tim Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sulawesi Utara, dalam upaya mempersempit serta mencegah meluasnya peredaran  Narkotika dan Obat/Bahan Berbahaya (Narkoba) di tingkat perguruan tinggi, maka pihak BNN melakukan tindakan nyata di lapangan dengan menyisir sejumlah perguruan tinggi. Upaya jemput bola yang ditempuh BNN, bukan tak beralasan mengingat kampus merupakan sarang empuk para pengedar Narkoba untuk memasarkan produk haram tersebut. Apalagi minat serta rasa ingin tahu dari pengguna mula-mula untuk mencoba narkotika, cenderung meningkat dalam masa pergaulan dunia kampus.

Menyadari akan potensi dan bahaya penyebaran narkotika tersebut, maka langkah kongkrit ditempuh BNN dengan turun langsung ke kampus STIE Eben Haezar Manado, untuk  melakukan test urine kepada mahasiswa, dosen, serta para staf pada senin (24/6) pukul 17:00 Wita.

Kepala Bidang Pemberdayaan BNN Provinsi Sulut, Drs. Psi. Setia Nasman Lengkana, MBA, yang ditemui oleh reporter okemanado.com di lokasi, menyampaikan bahwa test urine yang dilaksanakan adalah upaya BNN untuk menangkal peredaran serta penyalahgunaan Narkoba di perguruan tinggi.

“Ini merupakan bukti konkrit pihak BNN dalam memberantas serta mencegah peredaran Narkoba di masyarakat khususnya lingkungan kampus dalam hal ini STIE Eben Haezar Manado,”ujar Lengkana.

Setelah dilakukan uji pada 120 sampel urine yang terkumpul baik dari mahasiswa, staf, dosen, maupun pimpinan, tidak ditemukan ada yang positif menggunakan Narkoba.

“Dari test urine yang dilakukan terhadap 120 sampel, tidak terdapat satupun yang positif menggunakan Narkoba,” urainya, yang pada kesempatan itu turut memberikan sertifikat serta sebuah plang dari pihak BNN, yang menandakan bahwa kampus tersebut bebas dari peredaran dan penyebaran Narkoba.

Pimpinan STIE Eben Haezar, Prof. Dr. Anderson Kumenaung, SE, Msi, yang turut serta melakukan test urine, mengaku senang serta menyambut baik akan kegiatan yang dilaksanakan di kampus tersebut, sembari berharap bahwa kegiatan seperti ini kiranya dilakukan secara berkesinambungan mengingat bahaya laten dari Narkoba bisa mengancam siapa saja dan kapan saja tanpa memandang status sosial.

“Kami menyambut baik akan kegiatan yang dilakukan oleh BNN. Serta juga berharap kegiatan seperti ini akan dilaksanakan secara berkesinambungan, apalagi Narkoba sudah merupakan masalah bangsa yang harus kita tangani secara bersama-sama,” ucap Kepala STIE Eben Haezar Manado, Prof.Dr. Anderson Kumenaung, SE, Msi, yang juga ambil bagian dalam test urine dan menjadi sampel ke 120 yang dikumpulkan oleh BNN, dimana diketahui bahwa pimpinan STIE Eben Haezar yang beralamat di jalan Diponegoro ini, negatif sebagai pengguna Narkoba.

Senada dengan apa yang disampaikan oleh Pimpinan STIE Eben Haezar, Wakil Ketua 1 Bidang Akademik, Stenly Kho Walandouw, SE, Msi, menyampaikan bahwa ini merupakan program yang luar biasa karena mampu menjangkau kalangan akademik

“Program BNN sungguh luar biasa karena mampu menjangkau kalangan akademik, serta membantu kami mempermudah proses test urine tanpa harus ke rumah sakit untuk melakukan test Narkoba,” katanya.

Proses uji test urine sendiri sempat molor beberapa jam, dikarenakan masih adanya ujian yang dilakukan di kampus tersebut, namun hal itu tidak menjadi penghalang karena Ketua STIE Prof. Dr. Anderson Kumenaung, SE, Msi, langsung memimpin tahap akhir uji sampel setelah proses ujian telah selesai dilaksanakan, sembari memohon maaf akibat keterlambatan yang terjadi karena masih ada dosen dan mahasiswa yang melaksanakan ujian.

“Kami memohon maaf atas keterlambatan dari test urine kali ini, karena masih ada ujian yang dilaksanakan. Namun puji syukur, karena semua bisa berjalan baik dan lancar serta hasil yang didapatkan dari test urine ini, sangat memuaskan,” terangnya, sambil menyampaikan rasa terima kasih kepada pihak BNN, serta mahasiswa, dosen dan para staf yang turut ambil bagian dalam kegiatan ini.

“Terima kasih atas kerjasama semua pihak baik BNN, mahasiswa, dosen, serta para staf yang telah ambil bagian dalam test urine kali ini,” tutupnya.

Peliput : Demsi Lumendek

Posted by on 25/06/2013. Filed under Berita Terbaru,Berita Utama,Manado,Oke Manado,Pendidikan. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


2 × = 4

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>