Talk Fusion, TVI Express dan Budaya “Iko Rame”

imagesDaya tarik atau magnet sebuah bisnis MLM memang luar biasa apalagi jika ditambahkan iming-iming pendapatan yang luar biasa besar hanya dengan membeli sebuah voucher hotel atau perjalanan wisata. Inilah yang ditawarkan oleh perusahaan MLM TVI EXPRESS yang kemudian terbukti sebagai bisnis dengan sistem pyramid yang sebenarnya dilarang karena lebih besar unsur penipuannya daripada bisnis MLM.

Awal tahun 2011 bisnis ini begitu booming di Sulawesi Utara karena begitu banyak orang dengan berbagai latar belakang tergiur dengan tawaran dari bisnis ini yang hanya membeli voucher bisa mendapatkan pasif income hingga ratusan juta setiap bulan bahkan bisa setiap minggunya. Siapa yang tidak tertarik? Kerja ringan hasilnya banyak. Begitu banyak seminar-seminar yang dilaksanakan di Manado, bahkan presentasi-presentasi lewat kelompok-kelompok kecil gencar dilakukan untk menarik minat peserta serta merekrut mereka menjadi anggota.

Tidak sedikit tawaran dari saudara, teman, kerabat jauh yang datang untuk membujuk dan meyakinkan saya tentang prospek bisnis ini. Hanya dengan membeli voucher hotel senilai 2,6 juta rupiah akan mendapatkan keuntungan ganda yaitu dapat menginap di hotel berbintang di seluruh dunia yang bekerja sama dan mendapatkan keuntungan sampai 10 ribu dolar dalam sebulan. Bahkan ada seorang teman yang mengaku menjadi leader mempromosikan mobilnya bahwa itu didapat dari bisnis TVI EXPRESS, yang kemudian terbukti hanya mobil kreditan dan ditempeli dengan sticker TVI.

Banyak masyarakat di Sulawesi Utara yang kemudian menyadari bahwa bisnis ini tidak benar adalah ketika mereka sadar bahwa mereka tidak saja sekedar menyetor sejumlah uang namun juga harus mencari sebanyak mungkin member di bawahnya, bahkan ada sebagian member yang sudah mengeluarkan uang sampai puluhan juta demi mengejar 10 ribu dolar yang kemudian ternyata bahwa itu tidak mungkin diraih. Banyak yang menjadi korban dari penipuan ini dengan kerugian yang bervariasi mulai dari 2,6 juta sampai lebih dari 50 juta rupiah. Namun para korban ternyata memiliki sikap yang sama yaitu DIAM, dan tidak mau melapor karena MALU, sebagian stress dan ada yang harus berurusan dengan pihak berwajib karena berhutang. Pertanyaannya sekarang adalah, mengapa begitu banyak orang yang menjadi korban ? Jawabannya sederhana, masyarakat di Sulawesi Utara sudah “mengimani” adagium ‘lebe bae iko rame daripada iko mata’

Awal tahun 2013 ini kembali Manado dihebohkan dengan bisnis yang jauh lebih dahsyat dari TVI Express dari segi pendapatan atau income nya. Talk Fusion menggoyang Manado dengan iming-iming pendapatan yang tidak ada matinya dalam jumlah yang sangat besar. Bahkan dalam salah satu iklan di surat kabar lokal Manado bisnis ini menjanjikan passive income mulai dari 10 juta rupiah sampai 500 juta rupiah per minggu bagi mereka yang berminat mengikuti seminarnya. It’ is real ?

Sebagai bahan referensi, tulisan di bawah ini mungkin bisa memberikan masukan bagi masyarakat untuk memutuskan bergabung atau tidak bergabung di bisnis ini.

Talk Fusion didirikan pada tahun 2007 (saat ini sudah berusia sekitar 6 tahun) oleh seorang mantan polisi dari kota Florida negara bagian Miami. Talk Fusion terdaftar di asosiasi penjualan langsung atau Direct Selling Association (semacam APLI nya Amerika). Produk utama yang dijual adalah komunikasi video dan dipasarkan secara online. Membernya tersebar di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Bagi para membernya, Talk Fusion mempunyai keunggulan yaitu membayar bonus secara langsung dan real time.

Produk utamanya adalah video komunikasi, karena Talk Fusion meyakini bahwa di masa depan video komunikasi akan berperan penting. Terdapat tiga model pendaftaran yang bisa dipilih yaitu :

Paket Starter: $125 + biaya bulanan $20,

Paket Eksekutif: $250 + biaya bulanan $35,

Paket Elite: $750 + biaya bulanan $35

Kebanyakan yang mendaftar adalah memilih paket investasi awal sebesar 3 juta rupiah.

Atas pembayaran yang dilakukan maka anda memperoleh 8 produk utama Talk Fusion yaitu :

Video Email: Memungkinkan pengguna mengirimkan video berdurasi pendek di email.
Video Share (social media)
Video Auto Responder (Fasilitas video untuk menyapa calon member atau pelanggan yang mendaftar di formulir /subscription)
eSubscription Form (Formulir pendaftaran online)
Video Conference (dengan 15 orang sekaligus)
Video Broadcast (webinar dengan audiens tidak terbatas)
Video Blog
Fusion Wall
Produk-produk di atas sepertinya sangat berguna bagi mereka yang berjualan secara online. Pun jika tidak memiliki bisnis online, fasilitas tersebut seharusnya bisa Anda gunakan untuk menjalin pertemanan atau berkomunikasi dengan keluarga.

Apakah Talk Fusion merupakan peluang bisnis?

Peluang bisnis yang baik seharusnya memiliki produk yang unggul, mudah dipasarkan dan laris dengan prospek pasar yang baik. Produk Talk Fusion memiliki beberapa kritik yang bisa Anda temukan juga di berbagai review online.

Video Marketing saat ini tidaklah terlalu menarik atau praktis dalam mencari pelanggan. Anda yang berkecimpung di dunia marketing, seberapa sering Anda menerima video email? Mungkin kebanyakan Anda akan menjawab belum pernah. Kemungkinan alasannya adalah karena video tidak enak diputar di bandwith internet yang masih seret. Kedua, video email tidak praktis karena seseorang harus merekam video dulu baru mengirimnya. Belum lagi kenyataan bahwa tidak semua orang percaya diri untuk kelihatan fisiknya di video marketing. Sewa model?

Video Share bukanlah produk eksklusif. Dengan Youtube, siapa saja dengan mudah meng-copy paste suatu video dan menampilkannya dalam berbagai blog, facebook, lampiran email, dan aneka media sosial lainnya. Dan semua itu gratis, tidak perlu bayar. Saat diklik pun, video Youtube sudah langsung dapat dinikmati tanpa perlu berpindah halaman.

AutoResponder dan eSubscrition merupakan cara yang baik digunakan para pebisnis online untuk menjaring member atau konsumen baru dan berkomunikasi intens dengan mereka secara otomatis. Aweber mungkin autoresponder berbayar terbanyak yang digunakan saat ini. Akan tetapi ternyata fasilitas ini juga disediakan gratis oleh vCita.com.

Video Broadcast, Video Conference dan lain-lain. Apakah Anda sungguh memerlukannya? Seberapa banyak calon konsumen yang akan memanfaatkan fasilitas ini? Hubungan komunikasi video saat ini cukup menggunakan Anda toh bisa menggunakan Skype bukan?

Ulasan singkat diatas menimbulkan pertanyaan, mengapa Talk Fusion menjual produk yang (1) belum tentu dapat dipergunakan secara efektif ?, (2) ternyata dapat diperoleh secara gratis?

Sebagaimana perusahaan MLM lainnya, Talk Fusion dapat menjadi bisnis yang baik atau berubah menjadi skema tipuan pyramid.

Untuk menguji sebuah peluang bisnis MLM, ajukan pertanyaan-pertanyaan sederhana berikut :

Apakah produk tersebut istimewa sehingga Anda (dan mungkin orang lain juga) memerlukan dan ingin membeli produk-produk tersebut?
Apakah Anda memahami cara menggunakannya?
Apakah Anda bisa memasarkannya dan membuat orang lain tertarik membelinya?
Bagaimana dengan kelayakan harga dan manfaatnya?

Jika Anda menjawab “tidak” untuk pertanyaan-pertanyaan di atas, Anda kemungkinan akan sibuk merekrut orang untuk mendaftar menjadi member Talk Fusion tanpa peduli produknya. Pendapatanpun diperoleh dari rekrutmen, bukan karena menjual produk. Jika demikian, apa bedanya dengan arisan berantai? (Sumber : reviewHowMoneyIndonesia.com)

Artikel: Saul T

Comments

comments

Posted by on 28 June, 2013. Filed under Breaking News,Ekonomi. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *