Ketua BPK Serahkan LHP dengan Opini WTP kepada Sekretaris MA

Sekretaris MA, Nurhadi (kiri) dan Ketua BPK Hadi Poernomo (kanan). (foto: humas)

Sekretaris MA, Nurhadi (kiri) dan Ketua BPK Hadi Poernomo (kanan). (foto: humas)

JAKARTA, OKE – Mahkamah Agung RI mendapatkan LHP (Laporan Hasil Pemeriksaan) BPK dengan opini WTP (Wajar tanpa Pengecualian) dari BPK. Penyerahan opini ini secara resmi diterima Sekretaris Mahkamah Agung RI Nurhadi dari Ketua Badan Pemeriksa Keuangan RI Hadi Purnomo, di Auditorium BPK RI, Kamis (27/6), Setelah sebelumnya pada senin (24/6) di terima Ketua Mahkamah Agung, Dr. HM Hatta Ali, SH., MH pada acara Penyampaian opini laporan hasil pemeriksaan atas laporan keuangan lembaga-lembaga negara tahun 2012 kepada pimpinan lembaga negara.

Hadir pada kesempatan tersebut para menteri dari Kabinet Indonesia Bersatu II, yakni Menkokesra Agung Laksono, Menkominfo Tifatul Sembiring, Menteri Sosial Salim Segaf Al-Jufri, serta para pejabat kementerian dan lembaga lainnya.

Ketua BPK Hadi Poernomo dalam sambutannya mengatakan, permasalahan laporan keuangan yang selama ini menjadi temuan BPK disebabkan karena data laporan yang didapat tidak berasal dari sumbernya. Karena itu, ke depan BPK akan memasang agen konsolidator pada satuan kerja yang tersebar di setiap lembaga. Kemudian, pemeriksaan atas pertanggungjawaban anggaran lembaga Negara, terang Hadi Poernomo akan dilakukan secara elektronik (e-audit). Melalui metode tersebut BPK akan diberikan akses untuk masuk ke sistem laporan keuangan masing-masing lembaga negara untuk melakukan pemeriksaan secara elektronik. Hal ini bertujuan untuk lebih mempermudah proses pemeriksaan dan dapat mencegah penyimpangan yang mungkin terjadi, serta mewujudkan pengelolaan keuangan yang akuntabel dan transparan. (humas/cp)

Comments

comments

Posted by on 28 June, 2013. Filed under Berita Utama,Breaking News,Nasional,Oke Manado. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *