2 Heli Pembawa 5.000 Liter Air Bantu Padamkan Kebakaran Di Riau

BNPB Pusat kerahkan 2 Heli 2 pembawa 5.000 liter air untuk bantu padamkan kebakaran di Riau. (foto:Ist)

BNPB Pusat kerahkan 2 Heli pembawa 5.000 liter air untuk bantu padamkan kebakaran di Riau. (foto:Ist)

RIAU, OKE – Untuk mencegah meluasnya kebakaran hutan yang terjadi di Riau. Kepala Bidang Penanganan Darurat BNPB, Dody Rusmawan mengatakan, ada dua heli jenis Kamov yang mampu menampung 5.000 liter air untuk membantu padamkan kebakaran dan asap di Riau. Heli tersebut akan datang pekan depan.

“Helikopter Kamov yang akan ikut membantu pemadaman api tersebut, ada dua unit. Akan datang dalam enam hari ini di Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru,” kata Dody di Riau, Kamis (27/6).

Selain heli, BNPB turut mendatangkan dua pesawat khusus untuk melakukan pemadaman api melalui udara. “Pesawat khusus juga berjumlah dua unit, namun pesawat ini dilengkapi dengan penyemprotan dengan tekanan (presure) yang kuat. Pesawat ini biasa digunakan untuk mengatasi kebakaran lahan di area gambut,” ungkap Dodi.

Penambahan helikopter dan pesawat khusus tersebut, yang difungsikan untuk penanganan asap di Riau ini, merupakan perintah dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. “Dengan banyak heli dan dan pesawat yang membantu penganan asap ini diharapkan bisa memberikan hasil yang maksimal,” katanya.

Saat ini, BNPB memiliki stok 8 heli yang berasal dari heli perusahaan, heli BNPB sendiri dan juga heli dari TNI. Untuk heli yang tersedia saat ini hanya mampu menampung 500-1000 liter air. (mrd/Chaly)

Comments

comments

Posted by on 28 June, 2013. Filed under Berita Utama,Breaking News,Nasional,Oke Manado. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *