Sopir Mikro Wajib Siapkan Uang Receh

Recehan (foto: ist)

Recehan (foto: ist)

MANADO, OKE – Terkait kebijakan sejumlah sopir angkutan kota yang memilih memberlakukan harga sepihak yakni Rp3000/orang, langsung ditanggapi serius oleh pemerintah kota Manado. Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Drs Rum Dj Usulu menegaskan bahwa semua kendaraan mikro (angkutan dalam kota, red) wajib menyediahkan uang receh.

“Para sopir diwajibkan menyiapkan uang koin sebagai kembalian,” tegas Usulu, Selasa (25/6).

Dirinya mengaku saat ini dirinya telah menerima informasi bahwa ada beberapa sopir yang memberlakukan tarif sepihak.

“Biasanya Rp2900 tapi dibuat menjadi Rp3000. Demikian juga dengan para siswa yang hanya dibebankan Rp2500, harus membayar Rp3000 dengan dali, tidak ada uang kembalian,” sebutnya.

 Kepala Dinas Perhubungan, Vicky Koagouw menambahkan, pihaknya tidak segan-segan mencabut ijin trayek kendaraan jika kedapatan tidak sesuai dengan ketentuan yang ada.

“Yang coba-coba memberlakukan tarif sepihak akan kami tindaki secara tegas,” tegas Koagouw.

Pria yang juga merupakan mantan Kasat Satpol PP Kota Manado tersebut menerangkan Kenaikan tarif angkot sendiri disesuaikan dengan harga BBM.

Selain itu, Ada dua variabel dalam perhitungan tarif. Pertama, variabel biaya tetap yang terdiri atas biaya penyusutan dan biaya bunga modal. Kedua, biaya tidak tetap/variabel cost, terdiri atas biaya awak kendaraan, BBM, ban, pemeliharaan kendaraan, biaya terminal, biaya PKB (STNK), biaya keur, asuransi, dan biaya perijinan.

Berdasarkan perhitungan, Tarif angkot: Rp 2900 (umum), Rp 2500 (pelajar). Harga tarif Paal II-Lapangan: Rp 3600 (umum), Rp 2900 (pelajar). Tuminting-Pandu: Rp 4300 (umum), Rp. 3600 (pelajar). Tuminting-Tongkaina: Rp 4.000 (umum), Rp 3.500 (pelajar).

Peliput/Editor: Robert Lalenoh

Comments

comments

Posted by on 26 June, 2013. Filed under Berita Utama,Breaking News,Manado,Oke Manado. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *