Lahan 16 Persen Berimplikasi Tindak Pidana Korupsi

Ketua Komisi A DPRD Manado, Sultan Udin Musa.(foto:okemanado)

Ketua Komisi A DPRD Manado, Sultan Udin Musa.(foto:okemanado)

MANADO, OKE – Komisi A DPRD Manado, melalui Ketua Komisi Sultan Udin Musa meminta aparat keamanan untuk menindaklanjuti masalah lahan 16 persen. Pasalnya, beberapa pengembang yang telah menyerahkan lahan dan dikonversinya lahan menjadi jalan dari pihak Megasurya dan Gerbang Nusa bertentangan dengan Undang-undang yang berlaku dan karena itu berimplikasi tindak pidana korupsi.

“Ini sangat bertentangan dengan perundang-undangan yang berlaku, yakni dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 01 Tahun 2008 yang adalah juknis dari PP No 16 dan turunan dari Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004, perubahan lahan harus ditetapkan lewat peraturan daerah. Jadi tidak cukup hanya perubahan kesepakatan antara pihak pengembang dan pemerintah.

Dibeberkan legislator berkumis ini, penyerahan aset ini pun melanggar peraturan presiden, dan karena menyalahi aturan, digolongkan dalam tindak pidana korupsi. Pasalnya, masalah ini sudah meraup anggaran negara.

“Juga dalam Peraturan Presiden Nomor 122 Tahun 2012 tentang reklamasi, itu harus memenuhi syarat-syarat seperti izin Amdal seperti yang dikeluarkan Menteri KLH. Kami tidak melihat hal-hal ini. Ini jelas sudah masuk dalam tindak pidana korupsi,” kata Musa.

Persoalan tersebut menjadi semakin rumit, ketika pihak pengembang Megasurya tidak mampu memberikan surat atau berkas-berkas kesepakatan kepada pihak Komisi A.

“Sampai sekarang, kami tak pernah mendapat berkas-berkas apa pun. Ada hal yang sengaja ditutup-tutupi oleh pihak Megasurya, termasuk berbagai penyimpangan di dalamnya,” tegasnya kembali.

Oleh karena itu, dirinya meminta agar sejumlah aparat keamanan termasuk pihak kejaksaan untuk menuntaskan masalah ini.

“Agar supaya semuanya menjadi jelas, dan masalah lahan 16 persen yang terkatung-katung ini bisa diselesaikan,” kata Udin Musa kepada okemanado.com, Selasa (25/06) siang tadi.

Reporter: Ivan Jeremy

Comments

comments

Posted by on 25 June, 2013. Filed under Berita Utama,Breaking News,Manado,Oke Manado,Politik. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *