Italia Kesulitan Taklukan Jepang

Pemain Jepang dan Italia. (foto:gettyimages)

Pemain Jepang dan Italia. (foto:gettyimages)

RECIFE – Tertinggal dua gol lebih dulu dan lantas dapat tekanan hebat dari Jepang, Italia akhirnya bisa keluar sebagai pemenang. Cesare Prandelli tak menyangkal kalau timnya dibuat pontang-panting oleh permainan ‘Samurai Biru’.

Jepang bermain impresif di menit-menit awal laga dengan Italia, Kamis (20/6/2013) dinihari WIB. Eksekusi penalti Keisuke Honda dan aksi dari Shinji Kagawa membuat mereka sudah unggul 2-0 saat pertandingan baru masuk menit 33.

“Kami ketinggalan 0-2 di 25 menit pertama pertandingan dan tidak tahu apa yang harus kami lakukan,” sahut Cesare Prandelli usai pertandingan.

Italia baru bisa memperkecil ketinggalan di menit 41, melalui aksi Daniele De Rossi. Gli Azzurri bahkan bisa menyamakan kedudukan dan kemudian balik unggul menyusul gol bunuh diri Atsuto Uchida dan eksekusi penalti Mario Balotelli. Namun Jepang yang melancarkan serangan gencar bisa menyamakan kedudukan menjadi 3-3 lewat Shinji Okazaki, setelah beberapa upaya mereka sempat dimentahkan mistar dan tiang gawang.

Adalah Sebastian Giovinco yang kemudian jadi penentu kemenangan Italia dengan gol yang dibuatnya empat menit sebelum pertandingan tuntas. Namun bahkan di ujung waktu pertandingan, Jepang terus melancarkan serangan gencar yang mengancam gawang Gianluigi Buffon, termasuk sebuah gol yang dianulir karena pemain Jepang ada yang tertangkap offside.

“Kami bisa kembali ke jalur dan kemudian mencoba menjaga hasil yang didapat karena kami sudah kehabisan gas. Kami sudah tidak punya tenaga di tahap itu. Pada momen itulah Anda tidak bisa berpikir jernih dan berjuang saat harus melakukan segalanya, jadi Anda harus lebih fokus,” terang Prandelli.

Jepang yang bermain taktis dengan umpan pendek dan pergerakan cepat diakui Prandelli membuat Italia pontang-panting.

“Kami layak (menang) atas Meksiko, tapi benar-benar dibuat pontang-panting malam ini. Kelembaban adalah hal yang harus kami hadapi dan itu sungguh sulit,” aku pelatih berusia 55 tahun itu.

Kemenangan atas Jepang memastikan Italia lolos ke semifinal Piala Konfederasi. Pertandingan terakhir menghadapi Brasil pada Minggu (23/6/2013) mendatang tak akan berpengaruh kecuali untuk menentukan juara dan runner up grup.

(din/mrp)

Comments

comments

Posted by on 21 June, 2013. Filed under Berita Utama,Breaking News,Sports. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *