Proyek Mantos III Cacat Hukum

Personil Komisi C DPRD Manado, Arudji Rajab.(foto:istimewa)

Personil Komisi C DPRD Manado, Arudji Rajab.(foto:istimewa)

MANADO, OKE—Proyek pembangunan Manado Town Square (Mantos) III oleh pihak Mantos, di kawasan lahan 16 persen, dikritisi Komisi C DPRD Kota Manado, melalui Arudji Rajab. Dirinya mengatakan, proyek tersebut cacat hukum, karena lahan tersebut masuk wilayah 16 persen milik Pemerintah Kota (Pemkot) Manado.

“Kami menyoroti soal izin pembangunan di lahan tersebut. Apalagi, lahan itu masuk daftar lahan 16 persen, yang mestinya difungsikan oleh Pemkot Manado,” kata Rajab.

Alasan pihak Komisi C, menyoroti proyek itu, karena sebelumnya, lahan tersebut adalah lahan parkir, yang retribusi serta pajaknya, masuk ke kas daerah, dan dihitung sebagai PAD. Namun, anehnya, tanpa melalui koordinasi antara pihak DPRD Manado, proyek Mantos III yang katanya bernilai miliaran rupiah itu, sudah dijalankan.

“Artinya, dari segi fungsi, kami merasa diremehkan. Suara kami tidak didengarkan. Dan dari segi mekanisme, proyek tersebut cacat hukum. Tak ada pertanggungjawaban jelas, alasan mendasar apa, pembangunan Mantos III dibuat di lahan 16 persen. Parahnya lagi, kami tidak diberi informasi. Sungguh kinerja yang sangat buruk,” tegas Rajab kembali.

Atas masalah ini, Rajab meminta agar pihak Pemkot Manado melalui dinas yang terkait untuk bisa melaporkan hal ini dengan jelas. Juga bagi pihak Mantos agar bisa melakukan klarifikasi pula. Pasalnya, data yang dirangkum pihak Komisi C, adalah hasil investigasi, serta laporan sejumlah pihak.

“Ini perlu dibenahi. Tidak baik bila sistim kita seperti ini. Makanya harus diklarfikasi. Bila tidak, kami akan tindak lanjut masalah ini ke ranah hukum,” tandas politisi dari Partai Persatuan Pembangunan (P-III) ini.

Sementara itu, pihak Mantos sendiri belum berhasil dikonfirmasi. Mengingat, saat hearing yang digelar Rabu (19/06) kemarin, pihak Mantos dikabarkan tak hadir.

Reporter: Ivan Jeremy

Comments

comments

Posted by on 20 June, 2013. Filed under Berita Utama,Breaking News,Manado,Oke Manado,Politik. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *