Masih Banyak SKPD yang Belum Bisa Terapkan Clean and Good Governance

GS Vicky Lumentut (kanan) - Harley AB Mangindaan. (foto: ist)

GS Vicky Lumentut (kanan) – Harley AB Mangindaan. (foto: ist)

MANADO, OKE – Ketika sukses kepemimpinan Walikota, GS Vicky Lumentut dan Wakil Walikota, Harley AB Mangindaan sudah mendapat pengakuan dari pemerintah pusat lewat sejumlah penghargaan, beberapa SKPD di Pemkot Manado malah belum bisa menjawab apa yang diharapkan oleh duet pemimpin yang biasa disapa Vicky-Ai yakni, membangun birokrasi yang baik dan professional atau yang biasa dikenal dengan istilah clean and good governance.

Sejumlah keluhan masih saja datang dari beberapa kalangan masyarakat yang merasa belum puas dengan pelayanan yang mereka dapatkan di beberapa SKPD. Salah satunya adalah terlambatnya pelayanan setelah jam istirahat siang.

Padahal menurut Lumentut, birokrasi yang memiliki administrasi yang baik dan profesional merupakan tulang punggung kemajuan pembangunan.

“Jangan bekerja untuk kepentingan walikota atau wakil walikota, dan jangan bedakan pelayanan kepada masyarakat yang memilih kami maupun yang tidak memilih kami. Layani mereka semua dengan baik dan tulus,” kata lumentut.

Diungkapnya lagi, komitmen dan kerja keras untuk menjadikan kota Manado lebih baik dan maju melalui tata kelolah pemerintahan yang bersih dan baik (clean and good governance) yakni, yang pertama sistem pengelolaan keuangan daerah yang efektif, efisien, transparan dan akuntabel.

Kedua, bekerja sama dengan kpk dalam program penilaian inisiatif anti korupsi (piak).

Ketiga, mencanangkan support to indonesia’s islands of integrity program for sulawesi (sips) project, yang merupakan kerja sama antara KPK dan Cida-Kanada dalam upaya pencegahan korupsi.

Keempat, melakukan sistem pengendalian intern pemerintah (SPIP) yang diberi nama senin tuntas temuan plus (Sentas T plus) dengan tujuan untuk menuntaskan temuan finansial dan administrasi.

“Terakhir adalah melaksanakan ‘Program Brenti Jo Melanggar Aturan’ dan sejumlah program pro rakyat dan pro perubahan lainnya untuk menghadirkan pemerintahan yang bersih dan berwibawa,” terangnya.

Dan untuk mewujudkan semuanya itu, diharapkan, performa kerja yang tinggi, cepat, tepat dan akurat dari semua aparatur. “Instropeksi perjalanan karya kita masing-masing untuk dijadikan sebagai pembangkit tekad dan semangat bagi peningkatan kinerja,” pintahnya.

Senada, Wakil Walikota, menghimbau kepada semua aparatur untuk terus berbuat yang terbaik dalam mewujudkan Manado yang menyenangkan bagi semua orang.

“Mari kita wujudkan visi dan misi kita yakni menjadikan Manado sebagai kota modek ekowisata yang menyenangkan,” pungkasnya.

Peliput: HMS/Ein

Comments

comments

Posted by on 20 June, 2013. Filed under Berita Utama,Breaking News,Manado,Oke Manado. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *