Aksi Demonstrasi di Depan Kantor Walikota Manado, Diwarnai Kericuhan

Aksi demonstrasi yang berlangsung di depan Kantor Walikota Manado, Kamis (20/06) siang tadi, berlangsung ricuh.(foto:istimewa)

Aksi demonstrasi yang berlangsung di depan Kantor Walikota Manado, Kamis (20/06) siang tadi, berlangsung ricuh.(foto:istimewa)

MANADO, OKE–Aksi Demonstrasi kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) yang dilakukan oleh sekitar 20 orang mahasiswa dari universitas yang berbeda, Kamis (20/06) siang tadi, berakhir ricuh. Pasalnya, para demonstran membakar sebuah ban, tepat di pintu gerbang masuk, Kantor Walikota Manado.

Api yang mulai membesar ini, membuat mobil pemadam kebakaran langsung meluncur untuk memadamkan api. Akan tetapi, sebelum api dipadamkan, terjadi saling dorong antara demonstran dan pihak aparat keamanan. Tak pelak, demi menjaga keamanan, aksi anarkis pun terjadi.

Terkait hal ini, Komisi B DPRD Manado, melalui Sekretaris Komisi, Bobby Daud sangat menyayangkan tindakan tersebut. Apalagi, dirinya telah menerima aspirasi demonstran dengan berjanji untuk menindaklanjuti proses kenaikan ini, dalam bentuk laporan dan akan dikirimkan via fax ke pusat.

“Ini aksi yang tidak perlu dilakukan. Sangat tidak mendidik masyarakat. Demonstrasi harus dilakukan sesuai aturan,” tandasnya.

Serupa dengan Daud, Kasat Pol-PP, Xaverius Runtuwene ketika dimintai keterangannya mengatakan, demonstrasi tak identik dengan aksi premanisme.

“Demonstrasi dalam menyampaikan aspirasi adalah hal yang sangat membantu kinerja pemerintah. Namun tidak boleh seperti preman. Jangan bersikap anarkis, lewat aksi bakar membakar dan merusak fasilitas umum,” imbuh Runtuwene.

Sementara itu, Kapolresta Manado, Kombes Amran Ambulembang sempat terpantau turun langsung mengamankan aksi anarkis yang terjadi. Parahnya lagi, lewat hasil penyelidikan, terungkap bahwa demo tersebut tidak memiliki ijin yang sah.

“Demo tersebut tidak ada ijin. Sudah begitu, mereka malah mencoba membuat kekacauan lagi,” ujar salah seorang petugas Satpol PP.

Reporter: Ivan Jeremy

Comments

comments

Posted by on 20 June, 2013. Filed under Berita Utama,Breaking News,Manado,Oke Manado. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *