Pemkot Kotamobagu akan Buka Lokasi Baru DED TPA

Foto ist

Foto ist

KOTAMOBAGU, OKE –  Mengingat daya tampung Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di desa Poyowa Kecil, yang diperkirakan hanya bisa bertahan hingga lima sampai enam tahun ke depan, Pemkot Kotamobagu sedang mengupayakan perluasan TPA melalui pembukaan lokasi baru atau rekayasa teknis(Detail Engineering Design/DED).

“Selain lokasi yang memiliki luas 2.8 hektar, akan dibuka lokasi baru seluas 5.427 m2. Lokasi itu bisa menampung sumpah hingga 65.135 m3,“  terang kepala Dinas Tata Kota Alex Saranaung.

Jelasnya lagi, saat ini TPA yang ada, setap harinya menampung sekitar 1,400m3 hingga 2000m3. Kondisi ini membuat TPA akan bisa cepat penuh.

“Bila DED direstui kementrian PU, lokasi baru akan dibuka,” jelasnya.

Selain rencana perluasan areal TPA, Alex mengentengahkan kebijakan Pemkot, melakukan pelbagai perbaikan di lokasi yang sekarang difungsikan, mengingat banyak yang harus diperbaiki.

“Seperti cara penimbunan, Instalasi pengelolaan air yang masih belum sesusi standarisasi SNI serta proses penimbunan yang ternyata masih banyak limbah yang lolos ke dalam tanah dan sungai,” urainya.

Peliput: Knb

Editor: Fian Kaunang

Comments

comments

Posted by on 19 June, 2013. Filed under Berita Utama,Breaking News,Bumi Totabuan,Oke Manado. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *