Brasil dan Italia Memburu Tiket Semifinal

Timnas Brasil

Timnas Brasil

Dua raksasa sepakbola dunia, Brasil dan Italia, memburu tiket ke semifinal Piala Konfederasi 2013. Keduanya membutuhkan kemenangan sebagai harga mati saat bertemu lawan-lawannya, Rabu 19 Juni 2013. Tim Samba akan berhadapan dengan Meksiko di stadion Castelao, sementara Gli Azzurri bentrok dengan Jepang di Arena Pernambuco. Tiga poin mutlak hukumnya bagi kedua raksasa itu sebelum saling tempur pada 22 Juni mendatang.

Selecao membuka turnamen dengan gemilang. Neymar dan kawan-kawan menghancurkan Jepang dengan skor telak, 3-0. Kini mereka pun ingin mengulang hal yang sama saat bertemu Meksiko. “Saya merasa kami hampir menemukan tim terbaik, karena pilihan pemain pengganti tampil bagus saat dimainkan,” kata pelatih Brasil, Luis Felipe Scolari seperti dilansir dilansir Globo Esporte.

“Tapi, kami harus mewaspadai Meksiko, dan mengakhiri catatan buruk melawan mereka. Meksiko selalu membuat Brasil kesulitan dalam beberapa tahun terakhir.” Selecao dan El Tri sudah bertemu 18 kali. Brasil mengoleksi 10 kemenangan, sementara sisanya dimenangi Meksiko. Pada pertemuan terakhir Juni tahun lalu, Javier Hernandez dan kawan-kawan sanggup mempecundangi Brasil 2-0. Saat final Olimpiade 2012, Meksiko juga menekuk Tim Samba 2-1.

“Saya tidak melihat pertandingan nanti sebagai peluang untuk balas dendam. Tentu saya mengingat kekalahan itu. Itu hari yang menyedihkan bagi pemain dan masyarakat Brasil. Sulit untuk dijelaskan kenapa kami tak mampu menembus pertahanan mereka,” ujar bek Brasil, Marcelo. “Kami tahu Meksiko punya pemain hebat, tapi Brasil juga punya sejumlah pemain hebat. Kami pikir ini pertandingan yang sulit, tapi Meksiko pastinya juga berpikir seperti itu,” tegas Marcelo seperti dilansir vivanews.co.id.

Meksiko dalam posisi terjepit. Di laga perdana, mereka menelan kekalahan 1-2 di tangan Italia. Alhasil, hanya kemenangan yang bisa membuat peluang Meksiko ke semifinal tetap terjaga. “Piala Konfederasi tidak akan mudah karena kualitas peserta yang ikut berpartisipasi. Tapi, kami berniat meraih kemenangan, karena itu akan membuat kami bertahan di turnamen,” ujar pelatih timnas Meksiko, Jose de la Torre.

Misi Jepang Matikan Pirlo

Sementara itu, laga Italia vs Jepang juga tak kalah serunya. Negeri Sakura sangat bernafsu mengalahkan Italia. Mereka harus melakukan itu demi menjaga peluang ke empat besar. Samurai Biru punya taktik khusus untuk mengalahkan Gli Azzurri, yakni dengan mengunci permainan Andrea Pirlo. “Pirlo adalah otak permainan dari Italia. Kami harus mematikan pergerakannya. Sebisa mungkin kami perkecil ruangnya untuk mengembangkan permainan di lini tengah,” kata kapten Jepang, Makoto Hasebe.

“Kami harus menang dari Italia dan Meksiko jika ingin lolos ke semifinal. Sekarang waktunya kami bangkit.” Italia tentu tak mau mengalah. Apalagi, tim asuhan Cesare Prandelli memiliki target juara. Italia terakhir kali menjuarai turnamen besar pada 2006 lalu, yakni Piala Dunia. Gianluigi Buffon dan kawan-kawan begitu haus gelar.

“Indikator sukses adalah meraih piala dan kami fokus untuk itu. Anda harus memperhatikan semua detail agar bisa tampil lebih baik untuk mengatasi Jepang,” ucap Buffon. Kedua tim baru bertemu sekali sepanjang sejarah dan berakhir imbang. Namun, Jepang memiliki keuntungan jelang laga nanti karena memiliki waktu istirahat yang lebih lama dari Italia. “Itu memang keuntungan mereka, tapi kami harus tetap fokus. Saya percaya mereka telah menyiapkan strategi menarik untuk menghadapi kami,” ujar Prandelli. (viv)

Perkiraan Susunan Pemain
Brasil: Cesar, Alves, Silva, Luiz, Marcelo, Hulk, Gustavo, Paulinho, Oscar, Neymar, Fred
Meksiko: Corona, Mier, Moreno, Rodríguez, Salcido, Zavala, Torrado, Santos, Aquino, Guardado, Hernández

Perkiraan Susunan Pemain
Italia: Buffon, Abate, Barzagli, Chiellini, De Sciglio, De Rossi, Pirlo, Montolivo, Marchisio, Giaccherini, Balotelli
Jepang: Kawashima, Uchida, Yoshida, Konno, Nagatomo, Hasebe, Endo, Okazaki, Honda, Kagawa, Maeda

Comments

comments

Posted by on 19 June, 2013. Filed under Berita Utama,Breaking News,Sports. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *