Pengawasan Laut Terus Dioptimalkan

Salah satu potensi laut yang harus dijaga. (foto: ist)

Salah satu potensi laut yang harus dijaga. (foto: ist)

SIAU, OKE – Menyandang predikat sebagai daerah kepulauan, sudah tentunya tidak sedikit warga Siau, Tagulandang, Biaro (Sitaro) yang menggantungkan hidup dari hasil laut. Oleh karena itu, peran pemerintah dalam mangawasi terjadinya illegal fishing harus betul-betul dioptimalkan.

Menanggapi pernyataan tersebut, Kepala Dinas Perikanan Kelautan Sitaro, Medi Ompi mengatakan, pihaknya akan terus melakukan upaya pengawasan intens guna mengamankan potensi laut yang ada.

“Pengawasan akan terus kami lakukan hanya untuk mempersempit ruang gerak pelaku illegal fishing,” kata Ompi kepada Okemanado.com, Senin (17/6), siang tadi.

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sulut, Ronald Sorongan saat dihubungi via seluler mengungkapkan, program pengawasan laut semata-mata bukan hanya menjadi tugas pemerintah.

“Masyarakat juga punya hak yang sama dalam mengamankan wilayah masing-masing daerah,” terangnya.

Oleh karena itu, sinergitas antara masyarakat dan pemrintah sangat dibutuhkan dalam membebaskan wilayah laut dari serbuan oknum-oknum yang tidak bertanggung-jawab.

Bukan hanya ikan, terumbu karang juga patut kita jaga karena itu bisa dijadikan sebagai potensi wisata yang dapat memberi kontribusi PAD. “Hindari pengeboman ikan guna menyelamatkan fauna laut serta terumbu karang,” pungkasnya.

Peliput/Editor: Robert Lalenoh

Comments

comments

Posted by on 18 June, 2013. Filed under Berita Utama,Breaking News,Nusa Utara,Oke Manado. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *