Mendagri: Kepala Daerah Wajib Amankan Penyaluran BLSM

Gamawan Fauzi (foto:ist)

Gamawan Fauzi (foto:ist)

JAKARTA, OKE – Terkait dengan kebijakan pemerintah memberlakukan Program Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) sebagai kompensasi atas kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) yang diperuntukkan bagi 15,5 juta keluarga kurang mampu, maka Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi memperingatkan semua kepala daerah (Gubernur, Bupati/Walikota) untuk menaati akan program tersebut.

“Saya perlu memberikan `warning`(peringatan,red) kepada kepala daerah bahwa secara politik mungkin ada kepala daerah diusung oleh partai yang tidak setuju kenaikan harga BBM bersubsidi dan pemberian BLSM. Tetapi sebagai kepala daerah, dia adalah bagian dari sistem nasional yang saya harapkan semuanya menaati itu,” kata Mendagri usai membuka “Rakernas Program Nasional Pemberdayan Masyarakat Mandiri Pedesaan 2013” di Hotel Grand Sahid Jakarta, Selasa (18/6).

Mendagri menghormati aspirasi kepala daerah untuk mengalihkan program bantuan kompensasi kenaikan harga BBM bersubsidi sesuai dengan keperluan dan kebutuhan masing-masing daerah.

Namun seluruh program nasional, termasuk BLSM, merupakan bagian dari kebijakan nasional yang harus dijalankan kepala daerah sebagai perwakilan Pemerintah pusat.

“Kebijakan ini sudah dilakukan kajian selama berbulan-bulan dan dari berbagai aspek yang sudah diputuskan, kalau ada aspirasi yang diterjemahkan di daerah dengan program sendiri silakan tetapi program (BLSM) ini harus ditaati,” urai Mendagri.

Menurut Mendagri, sebelum kebijakan pemberian BLSM sebagai kompensasi kenaikan harga BBM bersubsidi disetujui untuk disahkan oleh DPR dan Pemerintah, pihaknya sudah menyampaikan kepada seluruh kepala daerah.

“Saya tidak mendengar ada kepala daerah menyampaikan (keberatan) itu pada saat dikumpulkan. Semua sudah disampaikan secara transparan dengan mengundang semua kepala daerah,” tegasnya. (setkab RI/dems)

Comments

comments

Posted by on 18 June, 2013. Filed under Berita Utama,Breaking News,Nasional,Oke Manado. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *