Ranperda Inisiatif Lambat Ditetapkan, Good Governance Belum Tercipta

Sekretaris Komisi A DPRD Manado, Markho Tampi.(foto:okemanado)

Sekretaris Komisi A DPRD Manado, Markho Tampi.(foto:okemanado)

MANADO, OKE–Proses pengesahan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Inisiatif DPRD Manado, yang dilakukan pemerintah harusnya ditindaklanjuti secepat mungkin. Pasalnya, secara sistemik, ranperda ini membantu pengelolaan pemerintahan, karena didasarkan pada pengkajian di lapangan, dan aspirasi masyarakat.

Menurut Sekretaris Komisi A DPRD Manado, Markho Tampi, ranperda inisiatif adalah upaya konkrit DPRD dalam menjawab aspirasi masyarakat. Apalagi, masyarakat cenderung meminta segenap wakil rakyat untuk lebih responsif dan strategis.

“Ini salah satu bentuk kebijakan DPRD untuk mengakomodir kepentingan berbagai golongan masyarakat, dan tidak hanya atas keinginan pemerintah,” tutur Tampi.

Dia melanjutkan, selain memiliki fungsi untuk menjamin keteraturan di masyarakat, ranperda inisiatif yang disodorkan pihak DPRD memiliki fungsi strategis lainnya.

“Ini kan upaya untuk memberikan perlindungan terhadap hak-hak rakyat dan juga upaya untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat di tengah derasnya perubahan sosial di Manado,” tuturnya.

Terkait hal ini, dirinya meminta partisipasi pemerintah agar bekerja sama dengan pihak DPRD untuk menciptakan good governance (pemerintahan yang baik-red). Perumusan kebijakan tidak hanya dominasi pemerintah, melainkan harusnya melibatkan DPR sebagai wakil rakyat pula.

“Jadi, bukan hanya pihak eksekutif saja melainkan legislatif juga berperan dalam perumusan kebijakan, dan kebijakan dewan tertuang dalam ranperda inisiatif. Tujuannya demi menciptakan sistim pemerintahan yang baik. Makanya perlu ditindaklanjuti secepatnya,” tandas legislator Fraksi PDIP ini.

Sementara itu, baru empat ranperda inisiatif yang hingga sekarang ini masih diproses pemerintah. Antara lain, Ranperda Inisiatif Kode Etik, Ranperda Inisiatif  Tata Letak Reklame. Sedangkan dua ranperda lainnya berisi tentang perubahan atas perda dan tata cara penyusunan perda.

Reporter: Ivan Jeremy

Comments

comments

Posted by on 16 June, 2013. Filed under Berita Utama,Breaking News,Manado,Oke Manado,Politik. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *