Penempatan Jalur di Manado Perlu Kajian Efektifitas dan Intensitas

Ruas jalan yang sering terjadi kemacetan.(foto:okemanado/van)

Ruas jalan yang sering terjadi kemacetan.(foto:okemanado/van)

MANADO, OKE–Penempatan dan pengaturan arah jalan di beberapa titik lokasi di Manado sepertinya belum efektif. Pasalnya, selain luas wilayah titik pertemuan kendaraan, membludaknya para pengguna jalan di hari-hari kerja, bisa menjadi biang penyebab kemacetan.

Menurut pantauan, penempatan arah jalan seperti yang terjadi di kawasan Boulevard, depan IT Center, belum menjamin kelancaran arus hilir mudik kendaraan. Pasalnya, arus pulang-balik kendaraan yang melewati jalur tersebut, sering tersendat-sendat. Kemacetan, memang sempat terjadi, namun tidak lama. Pasalnya, intensitas jumlah kendaraan di hari ini, Minggu (16/06) pada pukul 14.00 WITA, tak banyak.

“Tapi, coba kalau hari kerja. Jalur ini, sangat padat, macet, dan sesak. Kurang efektif pengaturan arahnya,” kata Sutrisno, salah seorang karyawan salah satu perusahaan, yang pada saat itu sedang minum kopi di salah satu Cafe. tepatnya di lantai 5, IT Center.

Hal serupa pun, terjadi saat sejumlah kendaraan dari Jalan Piere Tendean (Boulevard), tersendat-sendat melewati jalan alternatif, melalui Asrama PMKRI Manado dan Toko Akbar Ali, menuju Jalan Sam Ratulangi. Sekali lagi, titik pertemuan dan arus hilir-mudik menciptakan fenomena tak nyaman di jalur tersebut, macet.

Terkait hal ini, legislator Komisi C DPRD Manado, Tonny Rawung, mengatakan, pengaturan jalur, perlu dipertimbangkan kembali. Mengingat, selain tingginya tingkat keaktifan masyarakat Kota Manado, intensitas pengguna kendaraan dan lebarnya jalan bisa menghambat arus lalu lintas.

“Saya kira, hal ini harus diupayakan sesuai dengan irama masyarakat yang selalu berkembang. Perlu rancangan arah yang sekurang-kurangnya efektif dan tidak menimbulkan kemacetan signifikan,” tandas Bendahara DPC PDIP ini.

Reporter: Ivan Jeremy

Comments

comments

Posted by on 16 June, 2013. Filed under Berita Utama,Breaking News,Manado,Oke Manado,Politik. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *