Insan Pers Harus Menjadi Pemersatu

Ketua KPM, Alex Malese.(foto:okemanado/van)

Ketua KPM, Alex Malese.(foto:okemanado/van)

MANADO, OKE–Insan pers adalah insan pemersatu. Begitu, kata Ketua Komunitas Pers Manado (KPM) Alex Malese, saat dimintai tanggapannya terkait Peran pers dalam perkembangan Kota Manado.

Dia menjelaskan, dasar setiap tugas yang diemban pers ada pada kata pemersatu. Pasalnya, kata tersebut merupakan identitas atau jati diri seluruh awak media yang selalu melekat dan karena itu harus diperjuangkan.

“Intinya terletak di sana. Sebab, substansi dari rangkaian Kode Etik Jurnalistik adalah menciptakan persatuan,” terang Malese.

Dasar ini, ungkap Malese, mesti menjadi patokan atau orientasi dalam tugas peliputan. Mengingat, pluralitas di Manado adalah nilai yang harus pula dijunjung tinggi, guna menciptakan masyarakat yang adil, jujur, sejahtera dan religius.

“Pers harus bisa melihat dan memahami kondisi masyarakat sebagai mitra dalam menunaikan tugas mulia, menjunjung persatuan. Makanya, selain kritis, insan pers juga mesti berpatokan pada aturan dan hukum yang mengikat tugasnya sebagai wartawan dan sebagai anggota masyarakat. Ini sementara ditegakkan oleh KPM,” ucap Malese, sosok pribadi yang terkenal ramah dan bijak ini.

Sementara itu, ketika ditanyakan soal idealisme yang harus dimiliki insan pers, Malese mengaku, memang aspek tersebut penting. Namun, harus disesuaikan dengan kondisi masyarakat.

“Sekali lagi, patokannya adalah kode etik. Idealismenya tertuang di sana. Namun, kita harus menyelaraskan dengan kondisi masyarakat. Sebab, tentu ada strategi-strategi lain yang bisa dilakukan untuk menciptakan kerukunan, persaudaraan dalam kemajemukkan. Kita harus bisa fleksibel. Yang penting tidak melanggar aturan dan hukum yang mengikat,” pungkas Malese dalam percik filsafat progresivisme.

Reporter: Ivan Jeremy

Comments

comments

Posted by on 14 June, 2013. Filed under Berita Utama,Breaking News,Manado,Oke Manado. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *