Hatrick PDIP, Bukti Perubahan Cita Rasa Politik di Masyarakat

Logo PDIP: Istimewa

Logo PDIP: Istimewa

MANADO, OKE—Kemenangan pasangan James Sumendap dan Ronald Kandoli dalam Pilkada di Mitra, menggetarkan panggung politik Sulawesi Utara. Pasalnya, dengan kemenangan tersebut, PDIP menambah lagi rekor kesuksesan politik.

“Moncong putih torehkan hatrick di kandang lawan,” kata Pengamat Politik di Sulut, Ronny Limboto, sembari tersenyum, pertanda gurauan.

Kemenangan ini, menurut Limboto, memiliki sisi menarik bila ditelusuri. Pasalnya, perubahan manajemen kepemimpinan di tubuh PDIP, hampir tak terlihat sama sekali. Tak hanya itu, dinamika politik di tubuh partai yang akrab dengan warna merah ini pun mulai terkesan ‘halus’.

“Ini tanda bahwa PDIP sudah berubah. Partai wong cilik ini kini berbenah, dan justru perubahannya sangat luar biasa,” ujar Limboto.

Hal serupa disampaikan salah seorang pengamat politik lainnya, Mahyudin Damis. Dia menuturkan, kekuatan PDIP yang harus dicontohi partai politik lain adalah faktor militansi dan soliditas.

Pengamat Politik di Sulut, Mahyudin Damis.(foto:mahyudin damis@fb)

Pengamat Politik di Sulut, Mahyudin Damis.(foto:mahyudin damis@fb)

“Faktor militansi dan soliditas (solid) kader partai plus simpatisan PDIP inilah, kelebihan utama mereka. Roda partainya berjalan,” kata Damis.

Selain kedua faktor tersebut, hal lain yang perlu dicontohi juga yakni, ketepatan fungsionaris partai dalam memilih figur-figur yang tingkat elektabilitasnya tertinggi. Maksudnya, figur-figur calon papan I dan papan II.

“Contohnya pasangan JS-RK. Meski kedua pasangan ini punya pendukung, namun mereka juga punya faktor chemistry yang menjadi pertimbangan tersendiri dari para pemilih,” paparnya.

Selain itu, faktor dana juga sangat penting dalam menggerakkan strategi-strategi pemenangan. Mengingat jumlah pemilih pasif di setiap daerah, atau suara mengambang cukup banyak.

“Saya kira, kalau roda organisasi berjalan terus, dikelola secara kolektif sesuai aturan yang mereka miliki, dan kemudian mengusung kader-kader yang selama ini bekerja keras dan banyak terlibat langsung dalam kegiatan-kegiatan yang menyentuh kepentingan masyarakat, maka hal ini tentu sangat bisa mempengaruhi perolehan kursi di pilcaleg 2014,” imbuh Damis yang juga adalah dosen FISIP Unsrat ini.

Reporter: Ivan Jeremy

Comments

comments

Posted by on 14 June, 2013. Filed under Berita Utama,Breaking News,Manado,Oke Manado,Politik. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

One Response to Hatrick PDIP, Bukti Perubahan Cita Rasa Politik di Masyarakat

  1. robert Reply

    15 June, 2013 at 00:51

    Mudah2-an hatrick ini nantinya ke Minsel,Minut dan Bitung semoga!!!!………Jayalah PDIP Merdeka…Merdeka….Merdeka…..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *