Perbaiki Prestasi, Pemkot Manado Raih Opini WDP Dari BPK RI

PERBAIKI PRESTASI: Harley Mangindaan menerima opini WDP dari BPK RI, Kamis (13/6). (foto: ist)

PERBAIKI PRESTASI: Harley Mangindaan menerima opini WDP dari BPK RI, Kamis (13/6). (foto: ist)

MANADO, OKE – Setelah di tahun sebelumnya menerima predikat Tidak Wajar (TW) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, kini warga Manado boleh berbangga karena telah berhasil memperbaiki prestasi menjadi Wajar Dengan Pengecualian (WDP).

“Opini WDP dari BPK RI adalah berkat komitmen jajaran pemkot Manado untuk terus berbenah,” kata Wakil Walikota Manado, Harley A. B. Mangindaan, SE, MSM sesaat setelah menghadiri penyerahan laporan hasil pemeriksaan laporan keuangan pemerintah daerah kabupaten/kota tahun anggaran 2012, Kamis (13/6).

Usaha pemkot Manado untuk berbenah terlihat pada dinaikkannya status Bagian Keuangan menjadi Badan Pengelola Keuangan dan Barang Milik Daerah (BPK-BMD).

Menurut Mangindaan, hal itu dilakukan untuk memudahkan dalam penyusunan laporan keuangan, mewujudkan laporan keuangan yang komprehensif, memudahkan pengendalian pengelolaan keuangan dan barang milik daerah, mewujudkan birokrasi yang lebih efisien dan pencatatan aset/barang milik daerah lebih tertib serta pemanfaatan aset/barang milik daerah yang lebih optimal.

Upaya lain yang memberi kontribusi sehingga kota Manado meraih predikat WDP adalah penyelesaian masalah lahan 16 % di lahan reklamasi yang penyelesaiannya melibatkan jaksa pengacara negara dan telah rampung sekitar 60 % lebih.

Meski demikian, Ai sapaan akrab Wakil Walikota mengatakan, kedepannya pemerintah kota akan kembali mengusung target yang lebih tinggi lagi yakni opini wajar tanpa pengecualian (WTP).

“Sesudah WDP kita targetkan WTP,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Kota, Ir MHF Sendoh menambahkan, selain menekankan masalah penggunaan asset, masalah disiplin anggaran dan taat pada aturan juga perlu diperlukan.

“Kalau semua kita lakukan sudah sesuai aturan, sudah pasti akan aman-aman saja,” pungkasnya.

Peliput/Editor: Robert Lalenoh

Comments

comments

Posted by on 13 June, 2013. Filed under Berita Utama,Breaking News,Manado,Oke Manado. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *