UKM, Prospek Pemberdayaan Masyarakat Kecil

Politisi Partai Demokrat, Caleg DPRD Sulut, Lock Kojongian.(foto:istimewa)

Politisi Partai Demokrat, Caleg DPRD Sulut, Lock Kojongian.(foto:istimewa)

MANADO, OKE–Unit Kerja Mandiri (UKM) yang tersebar di Kota  Manado, dipandang sebagai salah satu prospek pemberdayaan masyarakat kecil. Pasalnya, lewat UKM, masyarakat dengan kemampuan ekonomi di bawah bisa diberikan kesempatan untuk mengasah keterampilan mereka. Selain itu, hal ini bisa pula menjadi jaminan, kesejahteraan mereka dapat dipenuhi sedikit demi sedikit.

Menurut Lock Kojongian, strategi pemberdayaan masyarakat, tidak harus dimulai dari proyek-proyek besar. Pasalnya, akan ada banyak konsekuensi yang justru bisa mendatangkan ancaman serius bagi kinerja pemerintah. Apalagi, paradigma masyarakat sekarang ini, lebih mengarah ke arah praktis.

“Masyarakat sekarang ini lebih cenderung melihat, hal-hal praktis apa yang dilakukan pemerintah dalam mensejahterakan rakyat. Paradigma praktis itu, sering mengarah kepada hal-hal kecil apa yang dibuat pemerintah, yang bersentuhan langsung dengan situasi konkrit masyarakat,” ungkap Kojongian.

Dicontohkannya, sejumlah proyek besar seperti pembuatan jalan layang di kawasan Citra Land, jarang ditanggapi warga. Tapi, kalau soal sampah, banjir dan aksi premanisme yang masih belum terminimalisir, akan sangat memancing tanggapan warga.

“Artinya, masyarakat lebih cenderung melihat hal-hal kecil yang berkaitan dengan situasi mereka,” ujarnya kembali.

Sementara itu, ketika ditanyakan seputar program apa saja yang bisa memberdayakan masyarakat kecil, Kojongian mengatakan, UKM bisa menjadi prospek yang menjadi jaminan.

“Pemerintah bisa memberdayakan masyarakat dengan UKM dan kelompok-kelompok kerja kecil, seperti Kelompok Tani, PKK, dan kelompok-kelompok kerja lainnya. Di sana mereka diberi motivasi, ditunjang, dijamin, dan diarahkan untuk mengupayakan kesejahteraan,” katanya.

Upaya konkrit pemerintah yakni, lewat bantuan dan sumbangan.

“Mereka diberi tunjangan dengan syarat, ke depan nanti, bisa mengembangkan secara lebih luas, unit-unit kerja tersebut. Maksudnya agar UKM ini bisa mencakup semua warga masyarakat kecil yang belum tercover. Dengan demikian, mereka dibantu untuk sejahtera, lewat hal-hal kecil,” tandas Kojongian dengan bijak.

Reporter: Ivan Jeremy

Comments

comments

Posted by on 12 June, 2013. Filed under Berita Utama,Breaking News,Manado,Oke Manado,Politik. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *