Pleno KPUD Sitaro, Tonsu Bersih Tetap Tak Terbendung

TAK TERBENDUNG: Pasangan Toni Supit - Siska Salindeho segera nakodai Sitaro periode 2013-2018. (foto: ist)

TAK TERBENDUNG: Pasangan Toni Supit – Siska Salindeho (Tonsu-Bersih) segera nakodai Sitaro periode 2013-2018. (foto: ist)

SIAU, OKE – Setelah menang telak dalam perhitungan cepat (quick count) pasca pemilukada 5 Juni lalu,  pasangan Toni Supit – Siska Salindeho (Tonsu – Bersih) tetap saja tidak terbendung dalam pleno komisi pemilihan umum daerah (KPUD) Sitaro, Rabu (12/6).

Hasil pleno menunjukan bahwa pasangan nomor urut 2 tersebut menang telak dengan perolehan 29.511 suara atau 64,55% dari jumlah pemilih. Sedangkan pasangan nomor urut 1 yakni Winsulangi Salindeho – Piet Hein Kuera (Salera) hanya bisa meraup 16.208 suara atau 35,45%.

Terkait hasil tersebut, Ketua KPUD Sitaro, Pricilya Bawole, SE mengatakan pihaknya telah bekerja sesuai dengan prosedur yang ada.

“Tidak ada diskriminasi atau permainan dalam pleno ini, semuanya dijalankan sesuai aturan,” kata Bawole.

Pernyataan ini seakan membantah semua tudingan miring dari para pendukung yang merasa tidak puas dengan hasil perhitungan cepat beberapa waktu lalu serta real count yang baru saja digelar, dimana mereka menilai bahwa pihak KPUD telah bermain mata dengan salah salah satu kandidat.

Menanggapi hasil pleno yang baru saja dilakukan, Ketua Tim Pemenang Tonsu – Bersih, Djibton Tamudia mengaku sangat senang.

“Ini merupakan suara dan pilihan rakyat. Tidak ada yang dipolitisir, termasuk penggelembungan suara,” ujar Tamudia.

“Rakyat yang memilih dan disaksikan langsung oleh masing-masing saksi di TPS oleh karena itu tidak ada yang namanya main curang,” imbunya.

Kabag Ops Polres Sangihe, Elias Takahindangen, saat dikonfirmasi setelah pleno KPUD berakhir mengaku kegiatan berjalan lancar.

“Meskipun terdengar ada sedikit riak-riak dari pendukung yang kurang puas, tapi selama kegiatan berlangsung, semuanya berjalan aman dan terkendali,” terangnya.

Selaku petugas keamanan, dirinya sangat berharap semua elemen masyarakat akan mampu menjaga kestabilan keamanan demi terciptanya kehidupan bermasyarakat yang aman dan damai.

“Mari kita ciptakan kebersamaan dan terus memelihara kerukunan,” imbaunya.

Peliput/Editor: Robert Lalenoh 

Comments

comments

Posted by on 12 June, 2013. Filed under Berita Utama,Breaking News,Nusa Utara,Oke Manado,Politik. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *