1.000 Tentara Kurdi Tinggalkan Militer Irak

Tentara Peshmerga. Foto: AFP/

Tentara Peshmerga. Foto: AFP/

BAGHDAD, Oke. – Perpecahan politik di Irak semakin meluas. Ribuan tentara keturunan Kurdi dilaporkan membangkang dari militer Irak.

1.070 tentara Kurdi ditempatkan di Kota Tuz Khurmatu dan Sulaiman Bek. Mereka ditugaskan melawan militan Sunni yang ada di dua kota tersebut.

Namun, para tentara menolak menjalani perintah itu. Mereka takut hubungan antara kelompok Sunni dan Kurdi memburuk.

“Tentara Kurdi masih ada di posisinya, Namun mereka kini di bawah kendali Peshmerga,” ujar Wali Kota Tuz Khurmatu Shallal Abdul, seperti dikutip AFP, Rabu (12/6/2013).

Peshmerga adalah militer khusus kelompok Kurdi. Usai Saddam Hussein digulingkan, Kelompok Kurdi memang menerima otonomi luas. Termasuk hak untuk memiliki tentara sendiri.

“Kami sedang membicarakan nasib para tentara itu dengan pemerintah pusat. Jika kesepakatan tidak tercapai kami siap memasukkan mereka ke dalam Peshmerga,” pungkas juru bicara Peshmerga Halkurd Mullah Ali.

Irak saat ini memang terancam konflik sektarian. Kelompok Sunni mengangkat senjata melawan pemerintah yang didominasi Syiah. Pemerintah Irak juga berseteru dengan kelompok Kurdi yang ingin otonomi mereka makin diperluas.

Sumber : Info Dunia & Militer

Comments

comments

Posted by on 12 June, 2013. Filed under Breaking News,Internasional. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *