Korupsi 42 Milyar, Bupati Theddy Tengko Resmi Dipecat

(foto: ist)

(foto: ist)

JAKARTA, OKE – Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi mensahkan surat pemberhentian Theddy Tengko dari jabatan Bupati Kepulauan Aru, Maluku Utara, periode 2010-2015. Pemecatan ini menyusul keputusan final proses hukum kasus korupsi dana APBD Kepulauan Aru 2006-2007 senilai Rp 42,5 miliar.

“Kalau yang nonaktifnya sudah lama. Pemberhentiannya hari ini, kemarin sudah masuk surat dari Pak Gubernur dan tadi pagi saya tandatangani,” ujar Gamawan di Istana Negara, Jl Veteran, Jakarta, Senin (10/6).

Gamawan mengatakan setelah diberhentikan, akan dicari siapa pengganti bupati. Untuk sementara digantikan oleh wakil bupatinya.

“Tapi wakilnya kan sudah tersangka lagi, karena itu penunjukannya biar dijalankan saja secara otomatis oleh wakilnya ini sementara. Nanti
begitu dia (wabub) teregistrasi terdakwa, saya akan berhentikan lagi sementara. Jadi ini agak rumit juga,” ungkapnya.

Teddy Tengko adalah Bupati Kepulauan Aru (periode 2005-2010 dan 2010-2015) yang ditetapkan sebagai terpidana kasus Korupsi dana APBD Kepulauan Aru 2006-2007 senilai Rp 42,5 miliar. Kejaksaan sebelumnya gagal mengeksekusi Teddy di Bandara Soekarno-Hatta, pada 12 Desember 2012 silam karena dihadang oleh sekelompok orang.

Pada Sabtu (18/5) lalu, jaksa yang tengah memantau Teddy di Kantor Bupati, dianiaya oleh sekelompok orang tak dikenal, yang diduga sebagai pendukung Teddy. Rabu (29/5) Kejaksaan berhasil mengeksekusi Theddy di bandara Lar Gwamar, Kepualaun Aru, Maluku. (dtc/cp)

Comments

comments

Posted by on 10 June, 2013. Filed under Berita Utama,Breaking News,Kriminal,Nasional,Oke Manado. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *