Komisi A DPRD Manado Akan Panggil Pihak Mega Mas dan Mantos

Kawasan Lahan 16 Persen.(foto:istimewa. Insert: Markho Tampi-okemanado/van)

Kawasan Lahan 16 Persen.(foto:istimewa. Insert: Markho Tampi-okemanado/van)

MANADO, OKE–Komisi A DPRD Kota Manado, melalui Sekretaris Komisi, Markho Tampi mengatakan, pihaknya akan terus menseriusi masalah lahan 16 persen hingga terselesaikan. Apalagi, beberapa pengembang belum bisa memberikan informasi penting terkait pengelolaan lahan tersebut.

“Kami akan menindaklanjuti hal ini hingga selesai, agar tidak ada lagi masalah di kemudian hari,” kata Tampi.

Sementara itu, menurut informasi yang dirangkum okemanado.com, beberapa pihak pengembang yang telah menyerahkan lahan 16 persen kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Manado dikabarkan bermasalah. Pasalnya tidak sesuai dengan apa yang tercantum dalam Perjanjian Kerja Sama (PKS) dan Memorandum of Understanding (MoU). Pengembang yang katanya masih bermasalah menurut, sumber resmi di kalangan Pemkot Manado mengatakan, pihak Mega Mas telah menyerahkan area jalan yang sudah diberi portal untuk Pemkot. Namun, celakanya, pengelolaan retribusi di kawasan tersebut masih ditangani pihak Megamas.

“Katanya begitu. Mereka menyerahkan jalan di seputar Mega Mas untuk ditangani Pemkot. Di situ juga sudah dipasang portal untuk penarikan retribusi,” katanya.

Selain itu, dirinya juga mengatakan, pihak pengembang Manado Town Square (Mantos) menyerahkan lahan parkir untuk dikelola Pemkot Manado. Namun, anehnya, proyek pembangunan Mantos III tengah berlangsung di lokasi tersebut.

Ketika dimintai tanggapannya, Tampi mengatakan, hal tersebut sangat bertentangan dengan mekanisme yang tercantum.

“Persyaratannya adalah lahan dan bukan jalan. Saya kira, jalan merupakan konsekuensi. Setiap perusahaan harus menyediakan jalan sebagai akses keluar-masuk. Sudah begitu, malah ditarik retribusi lagi. Ini kan aneh! Sudah diserahkan ke pihak Pemkot, tapi, retribusinya masih dikelola pihak Megamas. Sama halnya dengan Mantos. Kami perlu klarifikasi atas masalah ini,” tandasnya.

Reporter: Ivan Jeremy

Comments

comments

Posted by on 10 June, 2013. Filed under Berita Utama,Breaking News,Manado,Oke Manado,Politik. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *