Kondisi Nelson Mandela Masih Kritis

nelson MandelPretoria, OKE – Mantan Presiden Afrika Selatan (Afsel) Nelson Mandela kembali harus dibawa ke rumah sakit akibat infeksi paru-paru. Meski stabil, kondisi Mandela masih kritis di bawah pengawasan ketat dokter.

“Dia dalam kondisi serius tapi stabil,” kata kantor Presiden Afsel, Jacob Zuma seperti dilansir dari news.sky.com, Minggu (9/6/2013).

Kantor pemerintahan setempat menegaskan, Mandela masih bisa bernafas sendiri tanpa bantuan alat pernafasan. Ia juga masih dapat berkomunikasi dengan keluarganya.

Mandela yang sudah berusia 94 tahun itu terpaksa dilarikan ke RS karena kembali mengalami infeksi paru-paru. Ini merupakan kedua kalinya Mandela dirawat di rumah sakit dalam dua bulan terakhir.

Sebelumnya pada 6 April lalu, pahlawan anti-apartheid tersebut keluar dari rumah sakit setelah dirawat karena mengalami pneumonia. Dia sempat dirawat di rumah sakit selama 10 hari.

Pada tahun 1980, Mandela sempat didiagnosa menderita TBC. Saat itu dia dalam masa penahanan rezim apartheid di Pulau Robben. Paru-parunya dilaporkan telah rusak saat bekerja di sebuah tambang penjara.

Sebagai presiden kulit hitam pertama Afsel pada 1994-1999, Mandela telah dianggap oleh orang banyak sebagai “Bapak Bangsa” dalam memimpin perjuangan melawan apartheid.

Comments

comments

Posted by on 9 June, 2013. Filed under Breaking News,Internasional. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *