IKBI dan PMB Gelar Bantik Bakudapa di Jakarta

Juvany Mongan

Juvany Mongan

JAKARTA,OKE — Memperkokoh persatuan dan kesatuan serta mengangkat budaya suku Bantik, Ikatan Kekeluargaan Bantik Indonesia (IKBI) dan Perkumpulan Masyarakat Bantik (PMB) se- Jabodetabek, akan melaksanakan kerukunan anak suku bantik, dengan tema Bantik Bakudapa, (6/7) nanti.

Ketua Panitia Pelaksana, Vera Sanger mengatakan, pelaksanaan acara tersebut rencananya akan dihadiri oleh Kerukunan Keluarga Kawanua (KKK). Menurutnya, selain ingin mempererat kerukunan antar anak suku bantik, kegiatan itu juga bertujuan untuk mempersatukan kerukunan antara anak suku Bantik dan anak suku Minahasa yang ada di Jakarta dan sekitarnya. “Tujuan utama kami adalah menyatukan kerukunan antar Kawanua yang ada di Jakarta. Sehingga, meski bertema Bantik Bakudapa, anak suku Minahasa juga akan diundang dalam pelaksanaan nanti. Karna kita semua adalah warga kawanua,” ujarnya perempuan berdarah asli Minahasa itu.

Sementara itu, Ketua Ikatan Kekeluargaan Bantik Indonesia (IKBI), H. Josep Ibrahim Gimon mengatakan, selain mempererat persatuan dan kesatuan antar Kawanua, pelaksanaan kerukunan nanti juga bertujuan untuk mengangkat dan melestarikan adat serta budaya suku Bantik. “Budaya suku bantik saat ini terkesan sudah ditinggalkan. Sehingga kami ingin mengangkat kembali budaya yang terkesan ditinggalkan ini,” singkatnya.

Hal yang sama juga dikatakan, Ketua Perkumpulan Masyarakat Bantik (PMB) se-Jabodetabek, Juvany Mongan. Menurutnya, dengan berlandaskan adat dan budaya, anak suku Bantik juga ingin ikut berperan serta dalam membangun bangsa dan negara khususnya untuk wilayah Sulawesi Utara (Sulut). Karena menurutnya, dengan menjunjung tinggi adat dan budaya serta memiliki iman yang kuat, maka akan melahirkan masyarakat sejahtera, adil dan makmur. “Dengan berlandaskan , Hinggilrida’ng (saling mengasihi), Hintakinang (saling membantu), Hintalrunang (hidup sepenanggungan), saya yakin dapat mewujudkan masyarakat yang adil, makmur dan baku-baku sayang,” tutup pria berdarah Bantik campuran Minahasa itu. (erick-mongisidi)

Comments

comments

Posted by on 9 June, 2013. Filed under Berita Utama,Breaking News,Nasional. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *