Dipimpin SBY, Prosesi Pemakaman Taufik Kiemas Dihadiri Ribuan Pelayat

Taufik Kiemas adalah tokoh yang gigih mensosialisasikan 4 pilar kebangsaan(foto: ist)

Taufik Kiemas adalah tokoh yang gigih mensosialisasikan 4 pilar kebangsaan(foto: ist)

JAKARTA, OKE – Pemakaman almarhum Taufik Kiemas di Taman Makam Pahlawan(TMP) Nasional Kalibata, Minggu(9/6) hari ini, dimulai pukul 11.00 WIB. Presiden RI Soesilo Bambang Yudhoyono(SBY) bertindak sebagai Inspektur Upacara(Irup) secara militer.

Prosesi diawali dengan kedatangan jenasah di Taman Makam Pahlawan(TMP) Nasional Kalibata pukul 10.58 WIB. Kemudian petugas dari personil TNI mengarak keranda menuju lokasi upacara.

Setelah tiba di lokasi upacara, diawali dengan  laporan komandan upacara kepada Irup Presdien SBY dilanjutkan dengan pembacaan Riwayat hidup singkat.

Kemudian Pembacaan apel persada oleh SBY.

“Dengan ini mempersembahkan ke persada jiwa, raga, dan jasa-jasa almarhum. Jabatan ketua MPR RI putra dari Ki Agus Kiemas, yang telah meninggal dunia demi keluhuran bangsa dan Negara, yang telah meninggal dunia, Sabtu(8/6) diGeneral Hospital Singapura. Semoga amal bhaktinya diterima oleh Yang Maha Kuasa.”

Selanjutnya persiapan dan penurunan jenasah ke liang lahat yang diringi hymne, dan tembakan ke udara, dipimpin oleh Komandan upacara.

Setelah jenasah berada di liang lahat dilanjutkan dengan tabur bunga. Setelah itu penimbunan liang lahat oleh keluarga yang diwakili Puan Maharani.dipimpin oleh SBY.

Usai penimbunan liang lahat dilanjutkan dengan peletakan karangan bunga oleh Megawati Soekarnoputri dan sambutan Presiden SBY dilanjutkan sambutan mewakili keluarga yang disampaikan Mohammad Rizki Pratama.

Diakhir upacara, Menteri Agama membacakan doa penutup.

Sementara itu, prosesi pemakaman yang berlangsung hampir satu jam itu dipadati ribuan pelayat.

Fian Kaunang

Comments

comments

Posted by on 9 June, 2013. Filed under Berita Utama,Breaking News,Nasional,Oke Manado,Politik. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *