Dana APBD dan APBN Diduga Dipakai Untuk Pemilu

(foto:ist)

(foto:ist)

JAKARTA, OKE— Dana pemerintah yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) dan Anggaran Pendapatan Negara (APBN) sering digunakan untuk kepentingan Pemilu. Praktek semacam ini tercium Bawaslu.

“Diantaranya dana Bansos ini diduga dimanfaatkan oleh kepala daerah dalam proses rekruitmen gubernur dan wali kota, itu sekarang merembet ke parlemen,” ujar  Anggota Bawaslu Nasrullah, dalam diskusi di kantor Bawaslu Jalan MH Thamrin, Jakpus, Jumat (7/6).

Kata Nasrullah, mekanisme penyelewangan dana itu dikeluarkan oleh pemda kemudian dimanage dan dikelola oleh anggota parlemen di daerah bersangkutan untuk kepentingan pencalegan atau partai.

“Kemungkinan besar juga terjadi di level pusat, apakah misalnya dana aspirasi itu juga dimanfaatkan dalam pemenuhan proses Pemilu 2014 nanti,” kata Nasrullah.

“Nah ini kuat dugaan mengarah ke situ. Tapi apakah hal ini bisa disentuh lalu disemprit oleh Bawaslu? Aturan main itu tidak ada,” imbuh Nashrullah.

Ditambahkannya, Bawaslu tetap akan mencoba melakukan pengawasan. Bawaslu akan tetap mencoba menertibkan penggunaan dana di Pemilu 2014.

“Setidaknya ada warning untuk menyampaikan bahwa Bawaslu memberi peringatan, jangan sampai dana bansos di daerah itu dimanfaatkan oleh para caleg di daerah,” terang Nasrullah.

“Tak dipungkiri praktek transaksional itu terjadi di pemilu 2014 karena di pemilu 2009 itu terjadi,” tutur Nasrullah. (dtc/ibra)

Comments

comments

Posted by on 8 June, 2013. Filed under Berita Utama,Breaking News,Kriminal,Nasional,Oke Manado. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *