Soal Kenaikan Harga BBM, BI Siapkan Bauran Kebijakan

(foto: ist)

(foto: ist)

JAKARTA, OKE – Bank Indonesia (BI) menunggu keputusan pemerintah mengenai kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi. Jika pemerintah jadi menaikkan harga BBM, BI akan meresponnya dengan berbagai macam bauran kebijakan.

“BI siap merespon pada waktunya dengan bauran kebijakan,” ujar Gubernur BI Agus Martowadojo di Kantor BI,” Jumat (7/6).

Menurut Agus, respon dengan bauran kebijakan dilakukan jika memang diperlukan. Ia percaya kenaikan harga BBM dapat mempengaruhi inflasi di Indonesia. Sejumlah bauran kebijakan yang dimaksud meliputi, makro prudensial, bunga dan likuiditas, BI rate, hingga Fasilitas Simpanan BI (Fasbi).

“Kalau penyesuaian BBM dilakukan, tentu hal itu akan merupakan satu kondisi yang baik sekali bagi moneter maupun fiskal,” tutur Agus Marto.

Atas dasar itu pula, BI akan mengawal terus proses pembahasan RAPBN-P 2013 antara pemerintah dengan DPR.

“Secara umum, perhatian kami yang tinggi adalah pembahasan RAPBN-P 2013. Jadi soal pasar, kami akan terus waspadai. Yang paling tinggi untuk kami waspadai adalah terkait dengan pembahasan RAPBN-P dan inflasi,” kata Agus Marto.

Meski penentuan kenaikan harga BBM kewenangan penuh pemerintah, BI berharap terdapatnya koordinasi antara pemerintah, DPR dan bank sentral. Alasannya, kenaikan harga BBM melahirkan Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) sehingga mempengaruhi kebijakan fiskal yang ada.

“BI juga melihat kalau terjadi perubahan harga BBM itu akan berdampak pada inflasi dan juga masyarakat yang miskin yang sesaat mesti mendapat perhatian, jadi itu yang mesti kita ikuti sama-sama,” tutur Agus Marto.

Sebelumnya, pemerintah menyatakan keputusan kenaikan harga BBM akan diumumkan pada 17 Juni ini. (hkm-ol/cp)

Comments

comments

Posted by on 7 June, 2013. Filed under Berita Utama,Breaking News,Nasional,Oke Manado. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *