Michael Mamentu: Masyarakat Perhatikan Kualitas Bacaleg

Michael mamentu( foto: fb@mm)

Michael mamentu( foto: fb@mm)

MANADO, OKE – Para bakal calon legislatif yang mendaftarkan diri untuk maju dalam pemilu Legislatif 2014 di DPRD Provinsi Sulut, harus betul-betul diperhatikan kualitasnya. Pasalnya, anggota DPRD periode 2009-2014 yang sementara duduk di Sario, dinilai kinerja mereka kurang memenuhi harapan publik.

Menurut pengamat politik FISIP Unsrat, Michael Mamentu, bahwa setelah melakukan evaluasi kinerja terhadap anggota DPRD Provinsi Sulut saat ini, sangat tidak memuaskan.

“Karena tidak satu pun produk Perda inisiatif yang berhasil dibuat oleh anggota DPRD saat ini,” kata Mamentu sembari mengatakan kondisi ini dapat disimpulkan peran dan kinerja mereka sangat tidak menonjol. Padahal anggota DPRD melekat hak inisiatif.

Satu tahun menjelang Pemilu legislatif, kata Mamentu, masyarakat harus jeli dan pandai dalam menaruh pilihan kepada para Caleg.

“Kualitas para Caleg yang paling utama yang harus diperhatikan, misalnya tingkat pendidikan yang dimiliki setiap Caleg,” tandasnya mengingatkan.

“Pendidikan merupakan syarat mutlak bagi setiap bakal calon anggota DPRD yang inggin maju dalam pemilu Legislatif 2014,” kata lulusan Doktor Universitas Padjajaran ini kepada Okemanado.com, Jumat(7/6), di ruang kerjanya.

Ia juga membedah kinerja anggota DPRD Sulut saat ini, secara kelembagaan mereka sangat minim menghasilkan produk hukum yang berkualitas.

“Selama ini anggota DPRD Sulut belum pernah memproduk Perda inisiatif DPRD, hanya ikut mengesahkan Perda usulan dari Pemerintah. Ini adalah potret kinerja DPRD yang sangat buruk,” ungkapnya.

“Kinerja secara individu juga sebaliknya, para anggota kurang peka merespons masalah publik yang berkaitan dengan basis atau konstituen mereka,” tambahnya.

Lanjutnya, kinerja para bakal calon di tengah masyarakat selama ini juga perlu menjadi bahan pertimbangan.

“Kita harus melihat apa saja yang sudah diperbuat untuk kepentingan masyarakat,” tuturnya.

Peliput: Chaly Korompot

Editor:  Fian Kaunang

Comments

comments

Posted by on 7 June, 2013. Filed under Berita Utama,Breaking News,Manado,Oke Manado,Politik. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *