Pansus Pemekaran DPRD Sulut Segera Turun Gunung

Ilustrasi pemekaran(foto; ist0

Ilustrasi pemekaran(foto; ist0

MANADO, OKE – Meski terbilang masih harus melewati proses yang panjang, karena terhalang dengan UU 32 tahun 2004 tentang otonomi daerah yang di dalammnya turut mengatur tentang moratorium pemekaran daerah, baik Provinsi, maupun Kabupaten/kota, namun tekad anggota DPRD Sulut yang masuk di panitia khusus pemekaran(Pansus Pemekaran) cukup memuaskan.

Lepas dari bercokolnya tendensi politis, demi menggaet suara pada pemilihan legislatif (Pileg) atau memang ada niatan tulus untuk terciptanya pemekaran di Sulut, yang jelas rapat Pansus Pemekaran bersama panitia pemekaran 7 daerah otonomi bari provinsi, kabupaten dan kota, Selasa (4/6) sore, personil tiba pada keputusan, akan turun langsung lapangan ke Bolmong Raya 11 Juni dan Nusa Utara 18 Juni 2013.

“Salah-satu tahapan Pansus yaitu turun lapangan, ke Bolmong pada Selasa 11 Juni dan Nusa Utara 18 Juni. Pertemuan nanti akan dihadiri seluruh panitia, tokoh masyarakat, DPRD serta pemerintah kabupaten dan kota,” ujar Ketua Pansus Sunardi Sumantha didampingi anggota Pansus Idrus Mokodompit, Benny Rhamdani, Syenny Kalangi, Johny Mantiri dan Rosmawati Nasaru.

Sementara Kepala Biro Pemerintahan Pemprov Sulut Noudy Tendean mengingatkan Pansus Pemekaran DPRD Sulut untuk mempercepat pembahasan, sebab apa yang ditempuh lembaga wakil rakyat itu sudah seharusnya dan sudah sesuai mekanisme.

“Diharapkan dewan segera putuskan melalui Paripurna. Dasar hukum untuk proses yang dilakukan tidak salah,” kata Tendean.

Perihal Moratorium, menurut Tendean, hanya untuk mengendalikan euforia pemekaran, namun tidak secara substansial menghalangi pemekaran, sebab ada undang-undang otonomi daerah.

“Bahkan pemekaran daerah perbatasan sangat didukung Komisi 2 DPR-RI. Untuk itu, secepatnya lengkapi dokumen. Lampiran peta serta dukungan anggaran. Pemekaran itu keterpisahan secara administrasi bukan keterpisahan secara historis. Kita tetap satu apalagi sudah terjadi kawin mawin antar suku dan golongan masyarakat,” terang Tendean.

Peliput: Chaly Korompot

Editor: Fian Kaunang

Comments

comments

Posted by on 5 June, 2013. Filed under Berita Utama,Breaking News,Manado,Politik. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *