Selamatkan Lingkungan Merupakan Kewajiban Bersama

(foto: ist)

(foto: ist)

MANADO, OKE – Masalah lingkungan yang hingga kini masih menjadi isu hangat terus dicarikan solusi oleh pemerintah. Senin (3/6), Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sulut bekerja sama dengan Asosiasi Jurnalis Independen (AJI) Sulut menggelar kegiatan Workshop Pencadangan Konservasi Perairan.

Kegiatan yang digelar di hotel Grand Central melibatkan akademisi, pemangku kebijakan dalam hal ini pemerintah provinsi serta para jurnalis itu dilaksanakan dalam rangka mengkampanyekan upaya menyelamatkan lingkungan khususnya laut dan perairan agar tidak terjadi pengrusakan yang lebih merugikan lagi, baik kepada manusia maupun biota laut.

“Kerusakan hutan mangrove serta terumbu karang saat ini mulai memprihatinkan jika tidak diproteksi lebih dini maka bisa saja sejumlah biota laut akan punah,” kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sulut, Ronald Sorongan.

Ia menambahkan, meski kerusakannya tidak dikategorikan kritis tapi apa salahnya jika diantisipasi.

“Lebih baik kita cegah daripada nantinya kita harus menanggung dampak yang lebih besar,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua AJI, Yoseph Ikanubun dalam pemaparannya mengungkapkan peran Pers dalam mengkapanyekan lingkungan sangat besar namun sangat disayangkan masih banyak media yang belum mengakomodir secara sepenuhnya.

“Darimana masyarakat di luar sana mengetahui berbagai hal terkait lingkungan jika peran Pers tidak dioptimalkan,” sebutnya.

Oleh karena itu, dirinya berharap semua elemen baik media pemerintah hingga masyarakat akan saling topang dalam menjaga lingkungan khususnya wilayah laut dan perairan.

“Daerah kita merupakan salah satu kawasan dengan lokasi pariwisata yang terbilang banyak, sangat disayangkan jika tidak diberdayakan apalagi kalau dirusak,” tutupnya.

Peliput: Robert Lalenoh

Comments

comments

Posted by on 3 June, 2013. Filed under Berita Utama,Breaking News,Manado,Oke Manado. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *