Eks Bendahara Disparbud Manado Divonis 6 Bulan Penjara

(foto:ist)

(foto:ist)

MANADO, OKE— Ketua Majelis Hakim Efran Basuning SH dkk memvonis 6 bulan pejara terhadap  mantan Bendahara  Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Manado, Enny Julie Angelia Umbas SE, terkait dugaan penipuan senilai Rp40 juta, Senin (3/6).

Menurut ketua majelis hakim, pada sidang yang digelar di Pengadilan Negeri (PN) itu, terdakwa terbukti melakukan melakukan tindak pidana penipuan sebagaimana diatur dalam pasal 378 KUHP.

Majelis hakim juga mengungkapkan seharusnya terdakwa sebagai bendahara tugasnya adalah menyimpan uang dan melakukan pembayaran apabila ada perintah atasan dalam hal ini Kadis Pariwisata Kota Manado. Hal ini diunglapkannya usai membacakan amar putusan.

Atas putusan itu terdakwa dan Markus Tojang SH, penasehat hukum terdakwa serta Jaksa Penuntut Umum (JPU) masih piker-pikir untuk melakukan banding.

Usai sidang digelar, Tojang pada okemanado.com mengungkapkan bahwa dalam kasus proyek Alat Tulis Kantor (ATK), Enny tidak terlibat.

“Yang jelas pengeluaran uang itu atas perintah pak Kadis Disperbud Manado yakni Hendrik Waroka dan itu wajar karena bendahara hanya mengikuti perintah atasan,” ungkap Tojang.

Diketahui sebelumnya oleh JPU Muthminnah Umadji SH MH dan Petrus Sumelang SH terdakwa dituntut satu tahun penjara dan terbukti bersalah melakukan tindak pidana penipuan sebagaimana diatur dalam pasal 378 KUHP dalam dakwaan pertama. Hal yang memberatkan terdakwa dimana perbuatannya mengakibatkan saksi korban Fredy Demsy (orang tua pelapor saksi Cicilia Demsy,red) mengalami kerugian sebesar Rp40 juta, terdakwa berbelit-belit dalam persidangan dan tidak mengakui perbuatannya.

Peliput/Editor : Ibrahim Hiola

Comments

comments

Posted by on 3 June, 2013. Filed under Berita Utama,Breaking News,Kriminal,Manado,Oke Manado. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *