Dapil Manado, Incumbent Vs Figur Populer

(foto: ist)

(foto: ist)

MANADO, OKE – Secara keseluruhan, semua daerah pemilihan (Dapil) untuk Deprov Sulut memiliki daya tarik tersendiri. Untuk Dapil Manado, dianggap sebagai dapil eksklufis karena dapil ini berada di ibu kota provinsi.

“Semua dapil pastinya akan ada tensi politik yang beragam tergantung siapa caleg yang akan diusung parpol dan lokasi dapil tersebut. Untuk Manado, bisa dikatakan eksklusif, selain berada di ibukota provinsi, masyarakat Manado juga sudah semakin cerdas menentukan pilihannya nanti,” kata pengamat politik Sulut Michael Mamentu.

Yang terlihat dari DCS untuk dapil Manado dari 12 Parpol, diungkapkan Mamentu,datang dari berbagai kalangan.

“Yang akan memeriahkannya adalah pertarungan antara incumbent dan pendatang baru yang sudah dikenal luas masyarakat,” paparnya.

Dosen FISIP Unsrat ini juga menuturkan, incumbent sudah pasti punya kekuatan lebih dibanding para muka baru lain, termasuk mereka yang sekarang duduk di Dekot Manado.

“Tapi para muka baru yang sudah dikenal luas masyarakat dipastikan akan menuai perhatian apalagi jika tahun ini mereka intens melakukan kunjungan,” ujarnya.

Ia mencontohkan basis massa Amir Liputo, Djafar Alkatiri, dan Ayub Ali. Dua incumbent Alkatiri dan Ali harus waspada dengan kehadiran Amir Liputo. Begitu juga dengan Joudi Watung yang kini Wakil Ketua Deprov Sulut akan berhadapan dengan beberapa kader terbaik Golkar, Rene Manembu dan Hanny Jost Pajow.

Untuk kursi perempuan, Rosmawati Nasaru layak mewaspadai Feybe Lumanaw dari Nasdem, Siska Mangindaan dari Demokrat dan kader perempuan PDIP serta Elisabet Lihiang yang bisa dikatakan muka baru di Manado namun incumbent di Deprov. Petrus Poluan dari Hanura dipastikan punya basis massa tersendiri. Nantinya Poluan akan berhadapan dengan Yongki Limen yang bisa menjadi saingan berat incumbent Andrei Anggou dari PDI-P yang diatas kertas masih lebih diunggulkan.

“Partai menempatkan kader terbaiknya di kota Manado,” tukas Mamentu.

Apalagi dalam politik itu semua bisa berubah.

“Pemilih di Manado dihadapkan dengan banyak pilihan kader. Tentu ini akan lebih seru dari periode sebelumnya,” tutup Mamentu. (Chaly Korompot)

Comments

comments

Posted by on 3 June, 2013. Filed under Berita Utama,Breaking News,Manado,Oke Manado,Politik. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *