Tjahjo Kumolo Menilai Wajib Militer Perlu Dikaji Secara Mendalam

Tjahjo Kumolo (foto:ist)

Tjahjo Kumolo (foto:ist)

JAKARTA, OKE – Dalam draf Rancangan Undang-Undang Komponen Cadangan Pertahanan Negara yang saat ini tengah digodok Dewan Perwakilan Rakyat, terdapat keharusan bagi setiap warga negara untuk ikut wajib militer. Hal ini, menimbulkan pro-kontra di kalangan anggota dewan sendiri.

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Tjahjo Kumolo, menilai wajib militer itu harus dikaji secara mendalam sebelum diterapkan bagi masyarakat Indonesia. “Tidak perlu tergesa-gesa dibahas antara pemerintah dan DPR,” kata Tjahjo yang juga Anggota Komisi I Bidang Pertahanan dan Luar Negeri DPR, Jumat, 31 Mei 2013.

Menurut Tjahjo, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memberlakukan kewajiban tersebut. Misalnya, dia melanjutkan, dalam kondisi keuangan negara dan masih belum fokusnya politik saat ini, hal yang terpenting yang perlu dilakukan saat ini adalah memprioritaskan menata komponen utama, yaitu TNI.

Selain itu, menurut Tjahjo, pembentukan komponen cadangan ini masih menimbulkan pertanyaan dan kekhawatiran di beberapa elemen masyarakat bahwa terjadinya militerisasi masyarakat sipil yang dapat mengancam demokratisasi. “Perlu waktu sosialisasi ke masyarakat, khususnya generasi muda,” kata dia.

Selain itu, yang harus dipikirkan adalah jangan sampai ada opini pembentukan komponen cadangan ini seolah-olah Indonesia tengah menghadapi ancaman. Masalah lain, Tjahjo menambahkan, Indonesia saat ini dalam keadaan damai. Kemudian, siapa yang akan mengawasi penggunaan komponen cadangan, sehingga tidak dipergunakan untuk kepentingan pihak-pihak tertentu.

“Ini yang harus di-clear-kan dahulu soal pemahaman tersebut. Ini mencermati dinamika yang berkembang di masyarakat. Perlu waktu setidaknya sosialisasi intensif terbuka kepada elemen bangsa secara menyeluruh ke masyarakat luas,” kata dia.

Meski demikian, Tjahjo mengakui bahwa pemahaman untuk membela negara adalah hak dan kewajiban sebagai warga negara, memang perlu ditanamkan sejak dini. (viva/dems)

Comments

comments

Posted by on 31 May, 2013. Filed under Berita Utama,Breaking News,Manado,Nasional,Oke Manado,Politik. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *