Pembuatan Akta Kelahiran dan Akta Pernikahan serta Akta Kematian Tidak Dipungut Biaya

(foto: ilus)

(foto: ilus)

MANADO, OKE – Membludaknya jumlah warga yang datang ke Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil terkait isu pengurusan akta kelahiran yang tidak lagi gratis langsung direspon Walikota Manado, Dr. Ir. G. S. Vicky Lumentut, SH. M.Si. DEA, Kamis (30/5).

Kepada Okemanado.com, Lumentut menegaskan bahwa informasi yang beredar di masyarakat itu, tidak benar sama sekali. “Pembuatan Akta Kelahiran di Dinas Catatan Sipil kota Manado tidak dipungut biaya sepeser pun,” tegas Lumentut.

Menurutnya, program tersebut bebas biaya karena telah dimasukan dalam salah satu program pemerintah yakni untuk membantu, meringankan beban warga Manado.

“Selama program bebas biaya berlangsung jumlahnya tidak dibatasi tapi batas waktunya yang dibatasi,” terangnya sembari menambahkan, hingga 2015 masih gratis.

Di sisi lain, Lumentut menilai bahwa membludaknya jumlah warga yang hendak mengurus akta mencerminkan bahwa kesadaran masyarakat untuk tertib administrasi kependudukan dengan memiliki akta kelahiran sudah cukup tinggi.

Ia menambahkah, selain akta kelahiran, akta kematian dan pernikahan juga digratiskan oleh pemerintah. “Pengurusan akta kematian dan akta pernikahan juga digratiskan,” sebutnya. Sedangkan untuk akta perceraian tidak demikian, tegas Walikota yang dikenal dengan program-programnya yang pro-rakyat itu.

“Akta Perceraian adalah salah satu akta yang biayanya sangat tinggi bebannya. Sebab, pemerintah tidak mau ada warganya yang kawin-cerai setiap hari bila Akta perceraian digratiskan,” tutupnya. (Ein)

Comments

comments

Posted by on 30 May, 2013. Filed under Berita Utama,Breaking News,Manado,Oke Manado. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *