Manado Music Festival Tidak Sesuai Harapan

Wakil Walikota (kanan) saat mengecek persiapan Manado Music Festival (foto: ist)

MANADO, OKE – Meski berlangsung spektakuler, namun sejumlah pihak mengaku iven berskala internasional yakni Manado Music Festival (MMF) 2013 yang dihelat di lapangan basket Megamas, Rabu (29/5), tadi malam, tidak sesuai harapan. Kebudayaan Sulut yang seharusnya ‘dijual’ kepada para penonton khususnya para delegasi peserta Asian Media Summit (AMS) ke 10 tidak tampak lagi.

Hal itu menimbulkan kekecewaan besar kepada sejumlah kalangan yang telah meluangkan waktu, tidak terkecuali sebagian delegasi yang awalnya tampak begitu antusias.

“Seharusnya kebudayaan kita yang disuguhkan kepada para penonton khususnya delegasi, bukannya kebudayaan luar,” kecam, Dr Perry Rumengan, M.Sn, dengan wajah kesal kepada okemanado.com, sesaat setelah berakhirnya acara.

Rumengan mengaku kekecewaan yang dirasakannya bermula ketika melihat para delegasi secara serentak berjalan keluar meninggalkan acara.

“Tentunya merupakan sesuatu yang sangat memalukan ketika melihat para delegasi harus pulang dengan wajah yang kuras puas,” ujar pria yang memiliki kelebihan di bidang musik dan seni tersebut. “Padahal, tujuan mereka hadir dalam acara tersebut adalah untuk melihat kebudayaan daerah kita,” tambahnya.

Oleh sebab itu, dirinya mempertanyakan kinerja panitia pelaksana termasuk art director serta iven organizer yang menurutnya tidak cerdas dalam menyelenggarakan acara. Padahal pemerintah kota telah berupaya semaksimal mungkin merangkul masyarakat untuk hadir dalam acara tersebut namun sangat disayangkan harus menerima hasil demikian. “Akan menjadi sebuah kerugian yang sangat besar dikala pemerintah kota telah mengeluarkan uang dengan nilai yang sangat besar namun hasil yang diterima tidak sesuai harapan,” bebernya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Hendrik Waroka, saat dikonfirmasi, mengatakan sebenarnya kebudayaan daerah telah disuguhkan tapi, karena acara gala dinner molor sehingga beberapa dari kebudayaan daerah yang disuguhkan telah terlewatkan oleh para delegasi.

“Kami telah mulai sejak pukul tujuh, acara gala dinner nanti selesai pukul sembilan sehingga beberapa acara telah terlewatkan termasuk kebudayaan daerah kita,” terangnya.

Sementara itu, salah seorang perwakilan kelompok musik bambu dari Kabupaten Minahasa Tenggara mengaku sangat kecewa dengan apa yang telah terjadi.

“Kami telah melakukan persiapan, menghabiskan waktu sekira 2 jam untuk datang kesini demi untuk mempromosikan kebudayaan daerah, tapi sangat disayangkan semuanya tidak terpenuhi sesuai harapan,” kesalnya.

Berkaca dari apa yang telah terjadi, tentunya ini akan menjadi satu pengalaman yang sangat berharga dalam menjadikan Manado sebagai kota tujuan wisata dunia. (Ein)

Comments

comments

Posted by on 30 May, 2013. Filed under Berita Utama,Breaking News,Manado,Oke Manado. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

One Response to Manado Music Festival Tidak Sesuai Harapan

  1. lorfes Reply

    30 May, 2013 at 12:15

    Bekeng malo jo, event internasional kata kong bagini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *