Ranperda Kode Etik Belum Disahkan, DPRD Manado Seperti Hilang Orientasi Disiplin

Kantor DPRD Kota Manado.(foto:ist)

Kantor DPRD Kota Manado.(foto:ist)

MANADO, OKE–Belum disahkannya Ranperda Kode Etik bagi wakil rakyat di lembaga legislatif DPRD Kota Manado dalam paripurna membuat Badan Kehormatan (BK) berada dalam situasi dilematis. Apalagi, kondisi ini cukup membuahkan wacana DPRD Manado seperti hilang orientasi disiplin, menyusul sejumlah fakta lapangan, di mana hampir sebagian besar para wakil rakyat yang bercokol di gedung DPRD tersebut jarang masuk kantor, dan bahkan jarang mengikuti agenda-agenda komisi.

Pantauan okemanado.com, mulai dari Januari hingga Mei 2013 ini, tercatat sejumlah anggota dewan yang jarang terlihat masuk kantor. Mereka antara lain:

  1. Legislator Golkar dari Komisi C, Ronny Eman
  2. Demokrat dari Komisi C, Anri Mailoor
  3. Legislator Hanura dari Komisi C, Hanny Polii
  4. Legislator Golkar dari Komisi B, Hesky Naray
  5. Legislator Gerindra dari Komisi B, Audy Lieke
  6. Legislator Gerindra dari Komisi A, Recky Mewengkang
  7. Legislator PAN Manado dari Komisi A Widjayanto Patonti

Sejumlah anggota dewan yang jarang masuk kantor ini, ternyata sudah masuk target pihak Badan Kehormatan. Hanya saja, beberapa dari mereka, tidak melakukan pelanggaran kode etik.

“Tidak ada pelanggaran berat yang dilakukan mereka. Hanya menyangkut hal-hal teknis terkait kinerja saja,” kata Ketua BK Henky Lasut.

Sementara itu, pengamat politik Ronny Limboto ketika dimintai keterangannya mengatakan, masalah serius yang dihadapi menyangkut hal ini yaitu, kurang intensnya penegakkan disiplin di lembaga ini, terkait kinerja anggota dewan. Padahal, tugas dan tanggung jawab mereka sudah tertuang dalam tata tertib lembaga legislatif.

“Semestinya ini menjadi cambuk bagi pimpinan dewan dan juga pihak BK untuk menegakkan aturan yang mengikat kinerja mereka. Kedisiplinan mesti ditegakkan juga di lembaga tersebut,” tegasnya.(rep4)

 

Comments

comments

Posted by on 28 May, 2013. Filed under Berita Utama,Breaking News,Manado,Oke Manado,Politik. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *