Walikota Tomohon Bawakan Materi Wawasan Kebangsaan

Walikota Tomohon Jimmy F Eman menjabarkan 4 pilar kebangsaan dikaitkan dengan peran Pemkot Tomohon(foto: hms)

Walikota Tomohon Jimmy F Eman menjabarkan 4 pilar kebangsaan dikaitkan dengan peran Pemkot Tomohon(foto: hms)

TOMOHON, OKE – Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak menjadi pembicara pada sosialisasi wawasan kebangsaan pada kegiatan peningkatan kesadaran masyarakat akan nilai-nilai luhur budaya bangsa.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Tomohon lewat Badan.Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Tomohon pada hari Senin, 27 Mei 2013 bertempat di Balai pertemuan kel. Woloan satu utara Kota Tomohon.
Kepala Badan Kesbangpol Kota Tomohon Drs Jantje Mandagi dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan sebagai bagian dari upaya pemerintah untuk mempertebal rasa kebangsaan dan jiwa nasionalisme guna menyongsong masa depan bangsa yang lebih baik, yang dilandasi oleh semangat untuk memberikan yang terbaik bagi bangsa dan Negara, terlebih khusus bagi masa depan Kota Tomohon.

Walikota pada kesempatan ini menjelaskan materi mengenai peranan pemerintah Kota Tomohon dalam empat pilar kebangsaan dengan tema memperkokoh karakter dan jati diri bangsa yaitu Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Di Kota Tomohon, peran pemerintah akan empat pilar kebangsaan, terus diaktualisasikan, ditumbuh kembangkan kepada segenap warga Negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sebagai pedoman, pegangan hidup dan menjadi alat pemersatu maupun juga sebagai filter dalam menangkal setiap ancaman, gangguan, tantangan dan hambatan(ATHG) baik dari dalam maupun luar negeri,” ungkap Walikota.

Menurut Walikota, kondisi itu tercermin karena dalam kehidupan masyarakat Kota Tomohon, tumbuh dan berkembang sikap yangsangat toleransif seperti terjalinnya kehidupan antar umat beragama yang rukun dan harmonis dengan mengedepankan sikap hidup saling hormat menghormati/toleransi. “Contohnya saat menghadapi perayaan hari raya keagamaan seperti natal, idul fitri di mana antar pemeluk agama satu dengan yang lain bahu membahu ikut membantu dalam menjaga tempat-tempat ibadah, juga dengan adanya peran Forum Kerukunan Antar Umat Beragama (FKUB) Kota Tomohon dan Badan Kerjasama Antar Umat Beragama (BKSAUA) yang dibentuk oleh pemerintah Kota Tomohon yang bertujuan membangun dan menjalin dialog juga komunikasi serta kerjasama yang baik antar umat beragama,” urainya.

Beliau berharap agar melalui penyelenggaraan sosialisasi wawasan kebangsaan pada kegiatan peningkatan kesadaran masyarakat akan nilai-nilai luhur budaya bangsa ini,

“Peserta dapat menjadi contoh dalam menerapkan segala materi yang akan didapat, agar ketika diperhadapkan dengan berbagai persoalan kebangsaan, kita dapat mengatasinya dengan baik dan benar,” kata Walikota.

Diharapkan dengan sosialisasi ini perserta dapat menjadi mediator untuk menginformasikan tentang pentingnya wawasan kebangsaan ditengah-tengah kehidupan masyarakat.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kajati Tomohon J Devy Sudarso SH CN, Kasat Intel Iptu John Rumate, Akademisi Fisip Unsrat Drs, Max Rumbay dan Perwira Penghubung Kodim 1302 Minahasa Mayor Infanteri R Parengkuan sekaligus sebagai pemateri.(hms/Terry)

Comments

comments

Posted by on 27 May, 2013. Filed under Berita Utama,Breaking News,Oke Manado,Tomohon. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *