Diduga Korupsi, Aron Joseph Wagey Direktur PD Klabat Minut Dimeja Hijaukan

(foto:ilus)

(foto:ilus)

MANADO, OKE— Berkas dugaan korupsi yang dilakukan Aron Joseph Wagey SIK selaku Direktur utama Perusahaan Daerah (PD) Klabat Minahasa Utara (Minut) senilai Rp201 juta masuk Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Manado. Hal ini diungkapkan Humas Pengadilan Negeri (PN) Manado Novrry Oroh SH,  Senin (27/5).

Berdasarkan Dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU)  Airmadidi Jasmin Samahati SH  dugaan korupsi ini berawal akhir 2011 lalu dimana terdakwa tidak membuat dan menyampaikan laporkan berkala mengenai seluruh kegiatan yang ada dalam pasar termasuk rencana dan perhitungan neraca keuntungan dan kerugian pada badan pengawas.

Dimana dalam kepemimpinannya,  terdakwa  tidak menjalanka tugas sesuai mestinya. Apalagi dalam menetapkan target  kepada kepala-kepala pasar terdakwa tidak mengeluarkan surat secara tertulis atau tanpa surat resmi.

Selain itu Wagey  dalam mengeluarkan  karcis tanpa dilakukan porperasi oleh dinas pendapatan Pengolaan Keuangan dan aset serta tidak memerintahkan untuk mencatat seluruh pengeluaran penerimaan retribusi akibatnya tidak terdapat data yang akurat.

Lebih parah lagi terdakwa  tidak pernah melakkan penyetoran selama 4 bulan ke kas daerah sebagai Pendapatan Asli Daerah (PAD)

Sementara perbuatan terdakwa  melanggar pasal 3 Undang-undang (UU) Nomor 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi jo UU Nomor 20 tahun 2001 tentang perubahan UU Nomor 31 tahun jo pasal 18. (ibra)

 

Comments

comments

Posted by on 27 May, 2013. Filed under Berita Utama,Breaking News,Kriminal,Manado,Oke Manado. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *